Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 06 Februari 2015

SUKSESKAN SWASEMBADA PANGAN DI BOJONEGORO KODIM 0813 PERKAYA BABINSA NYA DENGAN TEKNOLOGI BUDIDAYA

KABARPROGRESIF.COM : (Bojonegoro) “Prajurit TNI-AD harus All Out dalam mensukseskan Program Ketahanan Pangan Nasioanal “, itulah sepenggal kalimat perintah  Kasad Jendral TNI Gatot Nurmantyo dalam mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan Swasembada Pangan Nasional yang di target paling lambat selama 3 tahun mendatang, kemudian di tingkat daerah Kabupaten maupun Kota ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU antara Pemda melalui Dinas Pertanian setempat dengan Kodim.

Untuk itu Kodim 0813/Bojonegoro  menyelenggarakan pelatihan Teknologi Budidaya, yang diselenggarakan atas kerja sama dengan Dinas Pertanian Kab. Bojonegoro, di Aula Ahmad Yani Makodim pada Rabu 4 Pebruari 2015 yang diikuti oleh 473 orang, yang terdiri 385 orang  Babinsa, 28 orang dari UPTD Pertanian, 10 orang Dinas Pertanian dan 50 orang dari Makodim 0813.

Kasdim 0813 Mayor Inf M. Jenal Arifin mewakili Dandim, berkesempatan membuka kegiatan tersebut , mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan para Babinsa jajaran Kodim, sehingga dapat melaksanakan tugas pendampingan terhadap para petani secara maksimal, dengan fokus pembudidayaan pada tanaman pangan padi sehingga kedepan dapat menghasilkan panen padi yang lebih melimpah dan berkualitas lebih baik dari sebelumnya.

Kakan Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian Ir. Akhmad Djupari M.Si  selaku nara sumber pada pelatihan ini banyak memberikan pelajaran , terutama tentang berbagai upaya dalam meningkatkan produksi padi yang berkualitas tinggi, yang meliputi penyiapan lahan, penyiapan dan pemilihan benih, pemupukan, pengairan, pembersihan tanaman lain yang mengganggu, hingga masa panen.  Sementara Kepala Bidang Pengembangan SDM Ir. Senthot Susena MM dalam kegiatan tersebut mengatakan, hendaknya para penyuluh pertanian dapat melaksanakan tugasnya secara maksimal melalui  kerja sama secara sinergi dengan para Babinsa, terutama dalam membimbing dan membina para petani serta berusaha mentransferkan pengetahuannya kepada para Babinsa sehingga pada gilirannya petani mampu meningkatkan produksinya dan meningkatkan kesejahtraannya.

Dandim 0813/Bojonegoro Letkol Arh Sjahrir Rijadi dari tempat lain mengatakan, bahwa Kodim tidak akan berhenti berusaha untuk merintis kerja sama dengan siapapun atau pihak manapun, terutama yang memiliki potensi dalam mendorong suksesnya program Ketahanan Pangan Nasional khususnya di wilayah Kab. Bojonegoro, kegiatan semacam ini dilaksanakan adalah demi bangsa dan demi masyarakat dalam rangka membantu tugas pemerintah di daerah,  maka kami tidak boleh merasa lelah apalagi putus asa, pungkasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar