Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 27 Agustus 2015

Kapten Selamin Jadi Guru, Mengajar Wawasan Kebangsaan untuk Siswa SD Togubang

KABARPROGRESIF.COM : (Bangkalan) Komandan Koramil (Danramil) 15/Geger, Bangkalan, Madura, Jawa Timur Kapten Infanteri H Selamin Joko ini tak hanya piawai dan mahir dalam urusan militer sebagai penjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Namun, tentara pemilik pangkat 'Tiga Balok' di pundak ini juga luwes, berdiri di depan kelas menjadi guru untuk siswa-siswi SDN 03 Togubang, Kecamatan Geger, Bangkalan, Madura.

Dengan masih berseragam loreng khas tentara, Danramil 15/Geger ini mengajarkan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada para siswa. Para siswa pun menyambut antusias, tentara murah senyum ini, saat pertama melakukan perkenalan di depan kelas.

"Iya, kali ini saya menjadi guru di kelas. Mengajarkan tentang pelajaran Wasbang, yakni materi berisi tentang wawasan kebangsaan," kata Kapten Infanteri H Selamin Joko ditemui usai mengajar, Kamis 27 Agustus 2015.

Kapten Selamin menambahkan, materi Wasbang sangat penting disampaikan kepada para siswa, sebagai bekal pengetahuan jika kelak mereka sudah dewasa.

"Pelajaran Wasbang sangat penting, karena ini berisi soal cinta tanah air dan tentang bela negara. Untuk itu, harus sejak dini diberikan kepada para siswa-siswi sekolah dasar," ucapnya datar.

Selain, Kapten Selamin, yang juga melaksanakan tugas mengajar diantaranya, dua personel, yakni Serda Rosianto dan Kopda Widodo.

Dua prajurit ini melaksanakan tugas di Kelas IV yang berisi 50 siswa.

Ditanya, yang memberikan pelajaran bukan bapak atau ibu guru, melainkan tentara. Para siswa mengaku senang.

Sementara, materi pelajaran yang diberikan oleh para tentara tersebut diantaranya Pancasila, UUD45, Bhinneka Tunggal Ika, dan soal NKRI.

Dilanjutkan dengan baris berbaris, dan cara memberi penghormatan dan lainnya.

"Ini untuk mengenalkan dan mengingat lagi nilai nilai luhur Pancasila,  Jiwa Patriotisme cinta tanah air dan mengenal Pahlawan Bangsa sehingga tertanam jiwa ,moral, aklaq baik, sejak dini dan menjadi generasi Penerus Bangsa yang beraklaq Mulia," pungkas Kapten Infanteri H Selamin. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar