Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 02 Juni 2016

Tanamkan Jiwa Bahari, Lantamal V Gelar Bintal Juang Remaja Bahari 2016



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Untuk menenamkan jiwa bahari pada generasi muda bangsa dan menyadarkan kembali bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa maritim perlu adanya upaya nyata, seperti yang dilakukan TNI AL dalam hal ini Pangkalan Utama Utama TNI AL V (Lantamal V) dengan menggelar Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) tahun 2016 yang dibuka Rabu, (1/6).

Pelaksanaan BJRB yang merujuk pada telegram Kasal no.041/WAT/0416 tentang pelaksanaan BJRB tahun 2016 ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan hingga Jumat (3/6). Acara tersebut dibuka Asisten Personel Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Drs. Agus Suharsono mewakili Dalantamal V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.A.P. dilapangan Yos Sudarso, Mako Lantamal V Jl. Laksda M. Nazir Tanjung Perak, Surabaya.

Sedikitnya 133 siswa dari Sekolah Menengah sederajat dari Tuban, Surabaya, Jombang, Mojokerto, Gresik, Sidoarjo, Tulungagung, Kota Malang, Kabupaten Malng, Bangkalan, Pasuruan, Madiun dan Lamongan mengikuti acara tahunan TNI AL ini. Darai jumlah tersebut 60 orang diantaranya siswa laki-laki dan 73 siswi perempuan, empat guru pendamping dan 51 orang panitia yang akan diinapkan di KRI Teluk Ende-517.

Menurut Danlantamal V dalam amanatnya yang dibacakan Aspes danlantamal V mengatakan bahwa Indonesia adalah negara maritim, Presiden RI Ir. Joko Widodo telah mendengungkan bahwa Indonesia harus menjadi Poros Maritim Dunia, hal tersebut mustahin terwujud bila seluruh komponen bangsa tidak sadar dan menegok kembali bahwa negeri ini adalah negara kepulauan yang memiliki lautan yang luas termasuk sumber daya alam yang terkandung didalamnya.

Menurutnya, kegitan BJRB ini merupakan salah satu upaya nyata untuk menanamkan jiwa bahari, mengembangkan wawasan cinta Tanah-Air, dan menumbuhkan jiwa kejuangan serta kebahariaan kepada generasi muda. BJRB merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan TNI AL yang dilaksanakan tiap tahun pada saat liburan sekolah.

Dalam kegiatan BJRB ini lanjut Rudy –sapaan akrab Danlantamal V- didalamnya terkandung tiga makna yang penting yaitu pertama, kegiatan ini merupakan wahana yang efektif untuk mempererat tali persaudaraan di antara remaja yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME.

Kedua, para pelajar juga akan mendapatkan berbagai penyuluhan dan pembinaan mental yang diarahkan agar rasa persatuan dan kesatuan serta keimanan dan ketaqwaan para pelajar semakin meningkat; dan ketiga, kegiatan ini juga merupakan wahana yang sangat tepat untuk menumbuh kembangkan jiwa dan semangat bahari generasi muda sebagai basis untuk membentuk sumber daya manusia kelautan yang berkwalitas.

Menurutya, kegiatan ini akan diisi dengan ilmu tentang kebaharian, ceramah bahaya Narkoba, pencegahan kenakalan remaja dan LGBT, dasar-dasar kepemimpinan, ceramah bintal juang dan bintal ideologi, ceramah rohani. Selain itu para peserta BJRB juga akan diberikan kesempatan untuk mengikuti pelayaran dan merasakan kehidupan di kapal perang.

Selain itu para peserta pun akan diajak berkeliling ke satuan-satuan TNI AL yang berada di surabya dan Sidoarjo diantaranya ke Museum Jalasveva Jayamahe dan Fleet house, Yon Artileri I marinir dan Menkav I Marinir karang Pilang, pengenalan pesawat di Lanudal Juanda, dan planetariun di Bumimoro.

Dari kegiatan BJRB tahun 2016 ini, danlantamal V berharap kepada seluruh peserta agar bisa menyerap semua ilmu pengetahuan yang akan diberikan sebagai bekal dan bisa diaplikasikan nantinya dalam kehidupan sehari-hari dalam keluarga dan masyarakat. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar