Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 20 September 2016

Lanal Malang Gelar Bakti Sosial Pasca Banjir Bandang Di Desa Pujiharjo Malang



KABARPROGRESIF.COM : (Malang) Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Malang, Lantamal V Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono S.H. memberangkatkan satu  Peleton dipimpin Kapten Laut (P) Srihardjo untuk melaksanakan bakti sosial pasca banjir bandang yang menerjang Desa Pujiharji Kecamatan Tirtoyudo kabupaten Malang, Selasa (20/9).

Anggota  Lanal  Malang yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Banjir bandang  dan Tanah longsor beserta unsur masyarakat bersama-sama mengadakan pengerukan dan membersihkan material longsoran  yang sudah mengendap di sepanjang sungai Sanggrahan yang berada ditengah tengah pemukiman penduduk  akibat dari adanya banjir bandang dan tanah longsor.

Danlanal Malang  dalam arahannya megatakan bahwa Lanal Malang sebagai salah satu unsur TNI diwilayah Malang selatan turut serta membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak bencana di Ds. Pujiharjo Kec. Tirtoyudo Kab Malang dengan bersinergi dengan pemerintah daerah setempat.

Hal tersebut dimaksudkan agar mempercepat pemulihan keadaan menjadi normal kembali dan masyarakat yang terkena nusibah bisa segara pulih denagn aktifitasnya semula.

Menurut Gendut -sapaan akrab Danlanal Malang ini-pada saat bencana terjadi, telah terjalin kerjasama yang baik dalam pengevakuasian korban, pembagian makanan, pakaian, dan penyediaan obat-obatan.

"Partisipasi masyarakat seperti ini muncul secara spontan sebagai bentuk kepedulian sosial sesama masyarakat, tanpa diupayakan pemerintah," terqngnya.

Dengan belum tersedianya peraturan perundangan yang mengatur penanggulangan banjir, maka pengaturan partisipasi masyarakat juga belum diatur.

Pada semua daerah survai, pendanaan program penanggulangan banjir sebagian besar sangat tergantung pada pemerintah. Optimalisasi sumber pendanaan masyarakat, meskipun potensinya cukup besar, belum dikelola secara baik, melainkan hanya mencakup pembiayaan bantuan spontan yang bersifat charity dan perbaikan kecil prasarana lingkungan secara swadaya. (andre)

0 komentar:

Posting Komentar