Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 15 April 2017

Dandim 0817 dan Kapolres Gresik Menyisiri Sungai Kalimas Tempat Kecelakaan Perahu Terbalik



KABARPROGRESIF.COM : (Gresik) Dandim 0817/Gresik Letkol Kav. Widodo Pujianto SH., dan Kapolres Gresik AKBP. Boro Windu Danandito S.I.K M.Ap, Jumat (14/04) pukul 07.30 WIB telah laksanakan Patroli penyisiran Sungai Kalimas untuk mengetahui situasi dan kondisi Sungai pasca terjadinya kecelakaan Perahu Terbalik di Sungai Kalimas  pada hari kamis yang bertempat diperbatasan Desa Sumberame Kec. Wringinanom-Gresik dengan Desa Bogem Pinggir Kec. Balongbendo Kab. Sidoarjo

Untuk diketahui terjadinya kecelakaan perahu penyeberangan miring terbalik tersebut akibat arus sungai yang mengalir deras sehingga mengakibatkan penumpang jatuh ke sungai dan diduga akibat kelebihan muatan.

Adapun identifikasi korban selamat sebanyak 6 orang diantaranya Bpk. Riyanto umur 45 Tahun dari Ds. Gagang Sidoarjo, Sdr. Yudistira Ardi, umur 34 Tahun dari Ds. Balongbendo Sidoarjo, Sdri. Sucinina umur 33 Tahun dari Ds. Balongbendo Sidoarjo, Sdr. Didin umur 23 Tahun dari Desa Bogem Balongbendo Sidoarjo sebagai (Operator Perahu), Sdr. Supriadi umur 50 Tahun dari Ds. Sumberame Kec. Wringinanom Kab. Gresik. (Operator perahu) dan Sdr. Joko umur 45 Tahun, Dusun. Juwet RT. 5 RW. 4 Desa/Kec. Wringinanom.

Sedangkan identifikasi korban meninggal dunia (MD) 2 orang yakni Bpk. Ujang Gadilah umur 50 Tahun dari Ds. Sumberame (masyarakat yang berusaha menolong) dan Sdri. Mis’ah, karyawan PT. Pradita. (Penumpang perahu).

Kejadian terjadi dengan kronologi dilatar belakangi dengan berawal pada hari kamis pukul 07.05 WIB perahu penyeberangan berangkat dari Ds. Bogem Pinggir Sidoarjomenuju Ds. Sumberame Gresik dengan membawa 10 penumpang yang terdiri dari 2 tenaga operator perahu dan 7 SPM.

Kemudian kmais pukul 07.10 WIB perahu penyebrangan sungai Kalimas dikarenakan kelebihan muatan sehingga mengalami kemiringan dan penumpang teriak-teriak minta tolong dan karena tidak ada pengaman di perahu tersebut maka seluruh penumpang perahu jatuh ke sungai.

Akhirnya dengan kejadian tersebut masyarakat yang melihat kemudian berusaha menolong salah satunya adalah Sdr. Ujang Fadilah langsung melompat ke sungai untuk memberikan pertolongan, namun yang bersangkutan malah ikut tenggelam dan meninggal dunia, sedangkan yang lain dibantu Bpk. Supriyadi (operator) dibawa ke pinggir sungai sehingga dapat terselamatkan 4 orang penumpang dalam keadaan selamat dan 1 orang penumpang meninggal dunia serta 2 orang operator semuanya selamat.

Danramil 0817/02 Wringinanom beserta anggotanya pun datang ke TKP untuk membantu evakuasi korban tersebut.

Tepat pukul 08.30 WIB Tim SAR dari BNPB Kab. Gresik datang ke TKP dengan membawa perahu karet untuk melakukan penyisiran di sungai Kalimas dan pukul 10.30 WIB Drs. Saifullah Yusuf (Wagub Jatim) meninjau lokasi kejadian serta Pukul 10.45 WIB 1 Regu  Taifib Yon Marinir Surabaya dan 1 Regu SAR Tagana Surabaya datang ke lokasi untuk membantu pencarian.

Untuk Korban selamat sebanyak 6 orang telah mendapatkan perawatan di Puskesmas Wringinanom dan 2 orang yang meninggal dunia langsung diantar ke kediamannya masing-masing untuk dimakamkan. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar