Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 19 Mei 2017

Tim EFQR Lanal Denpasar Amankan Latihan Regional Marpolex 2017 Di Bali

 
KABARPROGRESIF.COM : (Bali) Tim EFQR Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V mengamkan jalannya  Latihan Regional MARPOLEX 2017 di Bali yang berakhir Rabu petang lau. Penutupan Gelar Regional Marpolex tahun 2017 ini ditutup Direktur KPLP Jonggung Sitorus di Pelabuhan Benoa Bali. Dari hasil kegiatan selama Marpolex 2017 telah dilaksanakan dan dievaluasi oleh Tim Satgas Marpolex 2017 di Pelabuhan Benoa Bali.

Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar Lantamal V turut ambil bagian dalam latihan bersama yang dilaksanakan oleh Kapal Coast Guard dari Indonesia dan Phillipina serta Negara Jepang sebagai Tim Observer, dengan menurun Tim EFQR (East Fleet Quick Response), Combat Boat (Patkamla Bali), Catamaran dan Sea Rider.

Dalam pelaksanaan Regional Marpolex 2017 yang mensimulasikan tentang kebocoran dan bahaya tumpahan minyak dilaut di perairan Tanjung Benoa dan Selat Badung, TNI AL dalam hal ini Lanal Denpasar melaksanakan pengaman lokasi latihan terjadinya kebocoran dan bahaya tumpahan minyak tersebut.

Menurut Komandan Pangkalan TNI AL Denpasar Kolonel Laut (P) GB. Oka, Lanal Denpasar, mempunyai fungsi diantaranya adalah sebagai satuan pengamanan laut sesuai batas wilayah perairan yang menjadi tugas dan tanggung jawab Lantamal V.

Untuk dapat merespon dengan cepat permasalahan yang ada di wilayah kerja Lantamal V terutama di Lanal Denpasar, Tim EFQR (Eastern Fleet Quick Response) diharapkan satuan tugas ini dapat melaksanakan aksi penindakan dengan cepat dalam bentuk optimalisasi respon represif yang fleksibel dan profesional dalam menaggulangi berbagai insiden/kejadian di laut, baik yang berupa tindak pidana maupun kecelakaan di laut yang terjadi di wilayah kerja Lantamal V terutama di wilayah Bali.
Adapun Giat Lat Marpolex 2017 di Selat Badung sbb: Penanggulangan orang Jatuh dilaut, Penanggulangan Kebakaran di MT. Kalimantan Jayakarta, Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut.

Unsur-unsur yang terlibat antara lain : Tim EFQR, Patkamla Bali dan Patkamla Catamaran Lanal Denpasar, Helly Bolcow (Basarnas), MT. Kalimantan Jaya Karta, Kapal Basarnas KN. Arjuna, KN. Grantin P-211 (KPLP Surabaya), TB. Maden City (Pelindo), TB. Matra Tunda Pertamina, KN. Chundamani P-116 (KPLP Surabaya), KN. Trisula P-111 (KPLP Jakarta), Polairud Polda Bali, TB. Prospero 10 Resque (LNG), KN. Alugara P-114 (KPLP Jakarta), 4 (empat) Kapal Coast Guard Philipina.

Hadir dan menyaksikan yang on board di KN Sarotama P-112  yang sedang berlayar di Selat Badung antara Lain : Dirops Basarnas Brigjen TNI (Mar) Ivan AR. T, Pasops Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Agung Wibowo, Deputi Ops SKK Migas Muliawan, Dirut Pertamina Bag. Pemasaran Marine Joni Harsoni, Pelaksana dan Pemeriksa Bea Cukai Denpasar I Wayan Dedi, Dirpolairud Polda Bali AKBP Handoyo, Delegasi Coast Guard Philipina dan Delegasi Coast Guard Jepang serta tamu undangan lainnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar