Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 09 Juni 2017

BI Jatim Prediksikan Inflasi Tahun 2017 Berkisar 0,77 Hingga 0,87 Persen


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Bank Indonesia Perwakilan Jawa Timur pada Tahun 2017 telah mencatat jumlah Inflasi Jatim di Bulan Mei 2017 adalah sebesar 0,48 % (mtm) namun secara bulanan hanya menempati posisi ke tiga Inflasi Jawa Timur pada Mei 2017, tercatat sebesar 0,48% (mtm).

Secara bulanan menempati posisi ketiga terendah di Kawasan setelah Jawa Barat. Pada posisi tersebut Jatim masih ditopang adanya beberapa komoditas yakni Bawang Merah, Emas Perhiasan serta tarif pulsa.

Untuk itu, Bank Indonesia Jawa Timur memperkirakan Inflasi pada bulan Juni 2017 berada pada kisaran 0,77-0,87% (mtm), hal ini juga didorong oleh dampak adanya penyesuaian tarif listrik 900 VA yang diberlakukan di Mei 2017 pada pelanggan pasca bayar, kenaikan tarif angkutan, serta kenaikan harga beberapa komoditas pangan strategis dan makanan jadi menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017.

" Menyikapi potensi meningkatnya tekanan harga pada Ramadhan dan menjelang Lebaran, TPID Jawa Timur secara proaktif melakukan berbagai langkah antisipati guna menjaga stabilitas harga." kata Difi Ahmad Johansyah selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jatim pada gelar BBM di Kantornya (8/6/2017).

Lebih lanjut Difi menjelaskan, bahwa dalam strategi utama di TPID pihaknya tetap berpedoman aturan yang sudah ditetapkan.

" Kita sudah mengacu pada 5 pilar strategi utama TPID Jawa Timur diantaranya Program “ Gerai Stabilisasi Harga Pangan Permanen” (KIPPAS, TTI, E-Warung, dan RPK), Program “ Gerai Pangan Situasional” melalui Operasi Pasar Mandiri (Distributor, PTPN,PPI), Gerakan Stabilisasi Pangan Bulog di ±244 titik se-Jawa Timur, dan pasar Murah Sinergi BUMD dan BUMN (Puspa Agro dan Bulog), Satgas Pangan, Satgas Lebaran Pertamina, penyiapan jalur alternatif antisipasi kemacetan, kebijakan tol fungsional, Program Angkutan Mudik Gratis untuk ±200.038 penumpang di tahun 2017." jelas Difi.

Dengan adanya aksi “pengawalan harga-harga komoditas strategis” oleh TPID Jawa Timur tersebut, TPID Jawa Timur optimis gejolak harga dapat diredam sehingga inflasi Jawa Timur dapat terjaga rendah dan stabil. Selain itu, pemerintah juga memastikan bahwa ketersediaan stok komoditas strategis untuk Ramadhan dan lebaran 2017, sangat cukup.

" Oleh sebab itu, Bank Indonesia menghimbau kepada masyarakat untuk turut berperan aktif dalam menjaga stabilitas inflasi di Jawa Timur yaitu dengan tidak panic buying dan membeli barang secukupnya/sewajarnya (belanja bijak) sehingga dapat meminimalisir potensi risiko spekulasi dalam mempermainkan harga." ujarnya.

Difi menambahkan, sampai dengan akhir tahun 2017, masih terdapat beberapa potensi risiko inflasi yang perlu diwaspadai, yaitu (i) penyesuaian administered prices, terutama kenaikan harga BBM non subsidi sejalan dengan tren kenaikan harga minyak dunia, (ii) risiko kenaikan harga volatile food terutama beras yang diperkirakan memasuki musim tanam pada triwulan-IV, dan (iii) risiko kenaikan harga komoditas di kelompok intisebagai dampak lanjutan dari penyesuaian administered price dan meningkatnya permintaan menjelang HBKN (Natal dan Tahun Baru).

" Namun dengan upaya yang dilakukan oleh TPID Provinsi Jawa Timur, inflasi diperkirakan dapat terjaga pada level 4 +/- 1%." pungkasnya. ( Dji )

0 komentar:

Posting Komentar