Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 01 Juni 2017

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kodim 0508/Depok


KABARPROGRESIF.COM : (Depok) Untuk memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 1945, Kodim 0508/Depok menggelar upacara bendera, Kamis (1/6/2017). Upacara diikuti seluruh personel baik militer maupun PNS, bertempat di lapangan Makodim 0508/Depok, Jl. Pramuka Raya No. 2, Mampang, Pancoran Mas, Depok.

Sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Kasdim 0508/Depok Mayor Inf Mistar, Komandan Upacara (Danup) Kapten Kav Syahroni. Susunan pasukan upacara adalah untuk Perwira mengenakan pakaiqn PDU III, Bintara dan Tamtama mengenakan pakaian PDU IV, 1 Peleton Bintara dan Tamtama mengenakan pakaian PDL TNI bersenjata, Unit Intelijen mengenakan pakaian kemeja berdasi dan PNS memakai Seragam Korpri.

Hari Lahir Pancasila ditetapkan berdasarkan judul pidato Presiden RI pertama Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni Tahun 1945. Dalam pidato tersebut lahir konsep dan rumusan awal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, sehingga pada tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila.

Dalam amanat tertulis Presiden RI Joko Widodo, yang dibacakan oleh Irup dikatakan, “pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno.

Oleh karena itu lanjutnya, saya mengajak peran aktif para pelaku agama, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan, dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila,” pungkas Kasdim saat membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo. (rio)

0 komentar:

Posting Komentar