Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 13 Juli 2017

Cegah Narkoba, Lantamal V Tes Urine Mendadak


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Untuk mencegah beredarnya barang haram narkoba di kalangan anggotanya, Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL V  Kolonel Marinir Nana Rukmana, S.E. didampingi Asisten Intelijen, Danpomal, Kadiskes, Dantimintel Lantamal V melakukan pemeriksaan mendadak  Narkoba kepada prajurit di Satuan Keamanan Laut (Satkamla) dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V, Kamis (13/7).

Kegiatan pemeriksaan urine ini merupakan salah satu tupoksi dari Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal V dalam mencegah dan menangkal peredaran narkoba dilingkungan prajurit Lantamal V. 
Menurut Asisten Intelijen Danlantamal V Kolonel Laut (T) Harlius Bachtiar, S. AP.,mengatakan pelaksaan Kegiatan tes urine terhadap prajurit Satuan Keamanan Laut (Satkamla) dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V, merupakan upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dilingkungan Lantamal V.

“Kami siap bersinergi dengan satuan kerja dijajaran Lantamal V dalam memerangi narkoba, dengan harapan dapat melindungi generasi bangsa dari ancaman narkoba, mengingat kejahatan narkoba merupakan musuh negara," ujarnya.

Menurutnya, apabila ada anggota yang terindikasi menggunakan narkoba, kita akan cek kembali sejauh mana anggota tersebut mengonsumsi narkoba. Kalau terbukti, akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Sementara itu, Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Nana Rukmana yang menyaksikan secara langsung pelaksanaan pengambilan urine anggota  Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V menambahkan, kegiatan dimaksud merupakan salah satu program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang sedang dilakukan untuk memberantas bahaya narkoba.

Menurutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan, belum ada prajurit Satuan Keamanan Laut (Satkamla) dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V yang terindikasi mengkonsumsi narkoba. Terhadap tidak ditemukannya anggota yang terindikasi Narkoba, maka Kepala Dinas Kesehatan Lantamal V Kolonel Laut (K) dr. A. Puji Widodo itu mengapreasiasi langkah-langkah yang dilakukan Lantamal V terhadap upaya pemberantasan Narkoba.

Kejahatan narkoba merupakan kejahatan luar biasa  karena berdampak terhadap tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk itulah peran serta semua pihak termasuk jajaran TNI sangat diharapkan, pungkas Kepala Dinas Kesehatan Lantamal V. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar