Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 04 Juli 2017

Komandan Lanal Semarang Hadiri Perayaan Sedekah Laut


KABARPROGRESIF.COM : (Demak) Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Lantamal V Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas di dampingi oleh Komandan Posal Pelda Sba Sukismo menghadiri perayaan Sedekah Laut Masyarakat Nelayan dari tiga Desa yakni Desa Margolinduk, Purworejo dan Morodemak kabupaten Demak.

Kegiatan tersebut merupakan tradisi turun temurun yang setiap tahunnya di rayakan oleh Masyarakat Nelayan dari ketiga desa tersebut merupakan kegiatan  yang selalu dilaksanakan pada awal bulan Syawal atau seminggu setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Tradisi tersebut merupakan Manifestasi dari Masyarakat Desa Pesisir dalam rangka bersyukur kepada Allah SWT  atas hasil yang diperoleh nelayan dari menangkap ikan dilaut serta berdo’a agar hasilnya dalam menangkap ikan akan selalu melimpah dan diberi keselamatan ketika nelayan bekerja melaut.Moro Demak Kabupaten Demak Jawa Tengah, minggu (2/7).

Sedekah Laut Masyarakat Nelayan tersebut diawali dengan acara Seremonial di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Moro Demak, Sambutan Ketua Panitia mengawali kegiatan Seremonial tersebut dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Demak serta dilanjutkan dengan doa yang disampaikan oleh K.H.  Afif Zuhri, selanjutnya dilaksanakan Prosesi Larung Sesaji di perairan Demak dengan menggunakan 3 buah kapal Minipursein dan puluhan perahu sopek. Tak ketinggalan dari Personil pengawak Posal Demak juga membantu pengamanan Laut dengan menggunakan Spead Boot V 8 dengan diawaki oleh 4 (empat) Personil.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Demak Drs. M Nasir, MM,  Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto, Dandim Demak Letkol Inf Agung Udayana, Kapolres Demak AKBP Sony Irawan,  Ketua DPRD Demak, Kajari, Ka Pengadilan Negeri, Sekda, Para Assisten Sekda, para Kadinas, Camat dan Muspika Bonang, Kepala PPP Morodemak, Kasatpolair, Danposal, Para Kades Tri Desa, Kepala TPI Morodemak, para Toga dan Tomas, serta ribuan masyarakat Tridesa.
Mengakhiri kegiatan di kabupaten Demak, Dan Lanal Semarang berkenan untuk meninjau Posal Demak. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar