Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 07 Agustus 2017

Bupati Dan Komandan Lanal Cilacap Meresmikan Puskodalops Pangkalan TNI AL Cilacap


KABARPROGRESIF.COM : (Cilacap) Bertempat di Dermaga Sleko Lanal Cilacap Jl. Niaga  Cilacap telah di laksanakan Peresmian Pusat Komando dan Kendali Operasi (Puskodalops) Pangkalan TNI AL Cilacap oleh Bupati Cilacap dan Komandan Lanal Cilacap, Jum’at lalu.

Hadir dalam acara Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto Pamudji, Komandan Lanal Cilacap Kol.Laut (P) Agus Prabowo Adi, SE., Palaksa Lanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Joko Prayitno, Kompol Noor Yadhi Mewakili Kapolres Cilacap, Kasatpolair Cilacap AKP Huda Syafi'i, Lettu Inf. Jurizal mewakili Dandim 0703/Clp, Kasek Pertamina Bambang Akriyanto, Ka. KSOP Kelas II  Clp Widyo SH, GM. Pelindo III MS.,.Budi Siswanto dan Perwakilan BUMN dan BUMD Kabupaten Cilacap.
Acara dimulai dengan Pembukaan, Sambutan, Doa, Demo pembebasan sandera oleh Team EFQR, Peresmian Puskodal oleh Bupati Cilacap di dampingi Danlanal Cilacap, Ramah tamah dan diakhiri dengan Penutup.

Dalam sambutannya Komandan Lanal Cilacap menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada Bupati Cilacap dan para tamu undangan yang telah hadir dalam rangka peresmian Puskodal Lanal Cilacap.

Adanya beberapa obyek vital yang berada di Cilacap diantaranya Pertamina, PLTU, Pelindo dan Lapas Nusakambangan sehingga di Cilacap ini mendapat perhatian khusus, apabila terjadi gangguan maka dampaknya akan berskala nasional.

Berkaitan dengan hal tersebut Lanal Cilacap membentuk Puskodal, sebagai sarana menjaga keamanan wilayah laut Cilacap dan juga berfungsi sebagai SAR yang siap bersinergi dengan Polri dan BASARNAS.

"Kami sudah membentuk Team EFQR yang dalam tugasnya selalu stand by 24 jam, nantinya kami membantu menangani kejadian di laut, pembentukan Puskodal ini untuk menangani kejadian di laut dan bencana di laut, keamanan navigasi dan alur, serta apa yang sudah di canangkankan Bupati menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama  sehingga masyarakat akan nyaman dalam melaksanakan kegiatan di laut," terang Danlanal.

Sedangkan Bupati Cilacap dalam sambutannya menyambut baik keberadaan PUSKODALOPS dengan berbagai sarana dan prasarana yang dimiliki diharapkan akan mampu memberikan sumbangan yang besar bagi peningkatan pengendalian dan operasi, khususnya berkaitan dengan penanggulangan bencana di Perairan Kabupaten Cilacap.

Disadari bahwa kendala yang sering dihadapi dalam penanganan darurat antara lain komunikasi yang tidak lancar akibat terputusnya hubungan komunikasi terutama untuk daerah-daerah terpencil, oleh karena itu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi serta kerjasama yang baik antar Pusat Pengendalian dan Operasional yang beroperasi penuh 24 jam, maka kinerja penanganan kedaruratan dapat ditingkatkan, hal-hal yang perlu mendapat perhatian kita semua adalah perlunya upaya-upaya untuk menekan angka kriminalitas yang mungkin terjadi di laut atau tindak kejahatan melalui laut.

" Karenanya saya berharap agar keberadaan PUSKODALOPS ini mampu mengatasi berbagai permasalahan yang ada dengan semakin meningkatnya komunikasi dengan pihak-pihak terkait," ungkap Bupati.

Sebelum peresmian Puskodalops dilaksanakan seluruh tamu undangan disuguhkan tontonan demonstrasi Team EFQR (Eastern Fleet Qick Respons) Pangkalan TNI AL Cilacap dalam menanggulangi aksi perompakan bersenjata yang berusaha menyandera seluruh  ABK dan menguasai serta mengambil alih Tagboat Samudera 07, gemuruh sorak-sorai dan tepuk tangan seluruh undangan yang hadir serta masyarakat umum yang turut menyaksikan secara langsung dengan jelas oleh karena demo dilaksanakan di alur pelabuhan laut Sleko-Cilacap tepat didepan tenda undangan ditambah lagi ditenda undangan juga disiapkan TV Screen berukuran besar yang menayangkan secara langsung aksi Team EFQR dalam melumpuhkan dan menguasai kembali Tugboat Samudera 07 yang dikuasai Perompak.

Setelah selesai menyaksikan aksi Team EFQR Lanal Cilacap, tibalah saatnya peresmian Puskodalops Lanal Cilacap, dengan mengucap syukur Bupati Cilacap dan Komandan Pangkalan TNI AL Clacap secara bersama-sama meresmikan Puskodalops dengan cara menarik tali kelambu yang menutupi dua layar monitor dan papan bertuliskan “Puskodalops” Pangkalan TNI AL Cilacap. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar