Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 17 Agustus 2017

Danlanal Tegal Hadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72


KABARPROGRESIF.COM : (Tegal) Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tegal Lantamal V Letkol Marinir SB. Manurung menghadiri upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke -72 Tahun 2017  di Alun-alun Kota Tegal Jl. KH Wahid Hasyim Kel.Mangkukusuman Kec. Tegal Timur Kota Tegal, Kamis (17/8).

Pada kesempatan tersebut, Walikota Tegal KMT. Hj. Siti Mashita Soeparno bertindak sebagai Inspektur Upacara , sedangkan Komandan Upacara dipercayakan kepada Kasubag Ops Polres Tegal Kota AKP Tejo Pramono,SH.

Sedikitnya 2.000 orang hadir dalam upacara tersebut,  upacara diawali dengan menyaksikan
penampilan drama kolosal "Martoloyo Martopuro" yang dipersembahkan oleh para prajurit Kodim 0712/Tegal dan sanggar Taruna adi Budaya Kota Tegal.

Pasukan upacara terdiri dari satu Unit Korsik Kodim 0712/Tegal, dua peleton Brigif 4/DR, dua peleton Yonif 407/PK, dua peleton Kodim 0712/Tegal, satu peleton Lanal Tegal, satu  peleton Satusn Radar 214 Tegal, dua peleton Polres Tegal Kota, dua peleton Satpol. PP Kota Tegal, tiga peleton Korpri Kota Tegal,  tiga peleton PGRI Kota Tegal, dua peleton Anggota Linmas Kota Tegal, satu peleton Satuan Pengaman (Satpam), dua peleton Anggota PKK Kota Tegal, FKPPI Kota Tegal, RAPI Wil 15 Kota Tegal, Yayasan Tri Dharma Tegal, PD Pemuda  Muhammadiyah, Nasiyatul Aisyiah, Senkom Mitra Polri, Pemuda Pancasila Kota Tegal, GP Ansor Kota Tegal, Fatayat NU Kota Tegal, Ikatan Bidan Indonesia Kota Tegal, Persatuan Perawat Indonesia Kota Tegal serta perwakilan parpol. para pelajar dan pramuka.

Hadir dalam kegiatan upacara tersebut  Wakil Walikota Tegal  H.M. Nursholeh, Asisten I Kota Tegal Drs Imam Badarudin, Asisten II Kota Tegal : Herlien Tedjo Oetami,  Plt Setda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha,  Ketua DPRD Kota Tegal  H. Edi Suripno,SH,MH., Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto, Kapolres Tegal Kota : AKBP Semmy Ronny Thabaa, SE., Kadishar Satradar 214 Tegal, Kajari Tegal,  Ka PN Tegal  Djoni Witanto, SH, MH, Camat dan Lurah se-Kota Tegal, Tomas dan Toga, Organisasi masyarakat, Organisasi wanita Veteran Serta tamu undangan lainnya.

Wali Kota Tegal yang membacakan amanat Gubernur Jawa Tengah mengajak seluruh peserta upacara untuk pekikkan kata “Merdeka tiga kali”.

Riang pekik merdeka begitu membahana di seluruh antero nusantara bahkan dunia. Hari ini rasa nasionalisme dan kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia makin mengemuka dan bergelora di dalam dada.

Kita akan selalu ingat kepada mereka yang telah berjuang untuk bangsa ini hingga merdeka. Kita akan selalu terkenang akan semangat juang para pahlawan kusuma bangsa. Dekat sekali, Sedekat jantung kita.

Pahlawan adalah mereka yang telah mewakafkan diri untuk Indonesia Merdeka. Pahlawan adalah mereka yang telah tulus ikhlas berkorban jiwa raga demi Indonesia yang bersatu dan berdaulat. Tugas kita, menjaga api semangat juang ke-pahlawanan ini agar terus menyala.

Sejak revolusi hingga pasca reformasi, sejak Sukarno sampai Joko Widodo, tidak boleh kita biarkan api ini redup apalagi padam, meski kena angin topan dan badai yang menghantam. Karena ini kekuatan dan jatidiri sejati kita sebagai sebuah bangsa pejuang. Bangsa yang tidak pernah gentar dan pantang surut ke belakang menghadapi persoalan dan tantangan.

Terlampau banyak agenda seremoni, tapi InsyaAllah, agenda ini kita dedikasikan untuk membangun semangat bangsa Indonesia. Saya ingin momentum hari ini menjadi penumbuh semangat warga, kemudian menjadi kehendak kuat yang akhirnya dibuktikan oleh kerja nyata. Sebab, yang paling penting, bagaimana mengisi kemerdekaan itu. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar