Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 07 September 2017

BI Jatim Gandeng Pemkot Surabaya Dorong Akselerasi Literasi


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dalam rangka untuk mendorong  peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) melalui program  Surabaya Akseliterasi, Bank Indonesia Jawa Timur menggandeng Pemerintah Kota Surabaya untuk mempersiapkan Kota Surabaya sebagai kota yang berkualitas dan berdaya saing global,untuk itu diperlukan upaya-upaya inovatif yang mampu secara cepat mengakselerasi kemampuan SDM yang kompeten, berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur telah memberikan apresiasi yang tinggi dan mendukung penuh langkah - langkah upaya Walikota Surabaya dalam   program Akseliterasi yang telah digagas pada Tahun 2016.

Sebagai Wujud komitmen tersebut,penyerahan program sosial Bank Indonesia BI Corner dilaksanakan di TBM Dupak Bangunrejo - Surabaya dihadiri oleh Kepala Perwakilan BI Provinsi Jatim dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

" Program Akseliterasi bertujuan untuk mempercepat budaya literasi dengan membentuk dan memberdayakan perpustakaan atau Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ) dan pustakawan se-Surabaya yang berada di tingkat RT/RW, Kelurahan hingga Kecamatan guna mendukung Surabaya sebagai Kota Literasi No.1 di Indonesia." kata Difi Ahmad Johansyah selaku Kepala Perwakilan BI Provinsi Jatim pada Kamis (7/9/2017).

Menurut Difi Bank Indonesia telah menilai bahwa adanya SDM yang berkualitas yang diperuntukan dalam rangka persaingan di era digital tersebut dapat dilakukan melalui akseliterasi  yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan minat baca masyarakat terutama pada usia dini.

" Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur telah membuat BI Corner di 5 Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ) pemenang lomba Kampung Literasi ( Surabaya Akseliterasi) Tahun 2016 yakni Kelurahan Genteng, Kelurahan Kebraon, Kelurahan Kedung Baruk, Kelurahan Dupak, dan Kelurahan Asemrowo." ujar Difi.

Difi menjelaskan, Bank Indonesia secara nasional juga berupaya mendorong perkembangan literasi melalui pembentukan BI Corner yang merupakan sarana pojok baca di perpustakaan lembaga pendidikan maupun fasilitas publik strategis sebagai bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Unggulan yakni Indonesia Cerdas.

" Hingga saat ini, sudah ada sekitar 650 unit  BI Corner yang tersebar seluruh wilayah Indonesia dan diharapkan di tahun 2020 target 1.000 BI Corner sudah ada di seluruh lini pendidikan Indonesia." jelasnya.

Kantor Perwakilan BI Provinsi Jatim  melalui program PSBI telah membuat 10 BI Corner di 5  perguruan tinggi  dan  di 5 TBM yang dibina oleh Pemkot Surabaya. Dalam kesempatan yang sama Kepala Perwakilan BI Provinsi Jatim juga menyerahkan secara simbolis bantuan PSBI sarana prasarana perpustakaan kepada 10  TBM di wilayah Surabaya Utara berupa paket Lemari Buku tertutup dan koleksi  buku bacaan.

Difi menambahkan, melalui program unggulan “Indonesia Cerdas”, adalah kontribusi Bank Indonesia dalam mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari upaya untuk menciptakan generasi gemar membaca pada semua usia, dimulai dari anak-anak usia dini. Serta bentuk kerjasama Bank Indonesia dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam mendukung semangat untuk menumbuhkan minat baca di Kota Pahlawan.

" Selain itu juga merupahkan bagian dari upaya  untuk menangkal kenakalan anak dan remaja ataupun pengaruh narkoba dan pergaulan bebas dengan menciptakan akses lingkungan yang baik aman dan mempunyai nilai pendidikan." pungkasnya. (Dji)

0 komentar:

Posting Komentar