Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 01 September 2017

Menhub Optimis Bandara di Sukabumi Beroperasi Tahun 2020


KABARPROGRESIF.COM : (Sukabumi) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan bandar udara di Sukabumi, Jawa Barat bisa beropersi tahun 2020. Pembangunan fisik direncanakan akan dimulai tahun 2019.

"Paling tidak tahun 2018 menyelesaikan tanahnya, tahun 2019 mulai membangun fisik. Paling lambat tahun 2020 awal bisa beroperasi," kata Budi saat dikonfirmasi mengenai rencana pembangunan bandara di wilayah Kecamatan Warungkiara di sela kunjungan kerja di Sukabumi, Rabu (30/8/2017) malam.

Dia menuturkan, sebelumnya rencana pembangunan bandara berlokasi di wilayah sekitar Ujung Genteng, wilayah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi. "Semula lokasinya jauh dari sini, di wilayah Ujung Genteng," ucap dia.

Namun pemerintah punya referensi untuk mendekatkan lokasi bandara dekat dengan kota. Karena penduduk Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi mencapai 3 juta jiwa.

"Salah satu kelayakan pembangunan bandara itu dekat dengan masyarakat," ujarnya.

Namun demikian lanjut dia, pemerintah belum menentukan secara tepat lokasi pembangunan bandara tersebut. Pasalnya banyak variabel yang harus dipertimbangkan. Di antaranya apakah daerah tersebut datar atau tidak. Juga bagaimana kondisi anginnya.

"Kita sepakat pembangunan bandara di Sukabumi, namun tempatnya akan ditindaklanjuti," kata Budi.

Mengenai lokasi ini sebutnya, pemerintah pusat akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi. 

"Pemerintah pusat menyediakan dana konstruksinya," ucap dia.

Sebelumnya pembangunan bandara di Sukabumi digadang-gadang akan dibangun di Citarate, Kecamatan Surade. Namun belakangan ini, disebut-sebut bandara akan dibangun di wilayah Kecamatan Warungkiara. (rio)

0 komentar:

Posting Komentar