Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 02 Oktober 2017

TNI Jajaran Maluku Utara Peringati HAPSAK


KABARPROGRESIF.COM : (Ternate) Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila digelar oleh jajaran TNI Maluku Utara, diantaranya di Lapangan Upacara Makorem 152/Babullah Jl. AM Kamaruddin Kel. Sangaji Kota Ternate Prov. Maluku Utara.

Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Sachono, S.H., M.Si. bertindak selaku Inspektur pada Upacara Hapsak di Makorem dimana Upacara Hapsak tanggal 01 Oktober 2017 kali ini turut dihadiri pula oleh para Komandan Satuan dan Kepala Badan Pelaksana Aju Korem 152/Babullah beserta seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN jajaran Korem 152/Babullah yang berada di wilayah Kota Ternate.

Dalam pelaksanaan Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut turut dibacakan Ikrar yang berisi kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tekad tersebut bagi Prajurit TNI merupakan semangat untuk tetap mempertahankan Ideologi Pancasila meskipun darah dan nyawa yang menjadi taruhannya, ini bukan hanya sekedar slogan kosong karena pada kenyataannya tercatat dalam sejarah bahwa 7 orang nama-nama Pahlawan Revolusi yang gugur dalam upaya PKI mengganti Ideologi Pancasila dengan Ideologi Komunis merupakan Prajurit TNI yang gugur dalam peristiwa G 30 S/PKI, sehari setelah kejadian pengkhianatan dan pemberontakan PKI tersebut kemudian dijadikan tonggak sejarah Kesaktian Pancasila sekaligus pembuktian tetap tegaknya Pancasila meskipun ditengah rongrongan Ideologi Komunis.

" Kita akan senantiasa mengingat sejarah kelam tersebut agar tidak terulang lagi dikemudian hari. "  tegasnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Satuan TNI jajaran Korem 152/Babullah juga turut pula melaksanakan Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di wilayahnya masing-masing, seperti halnya Kodim 1508/Tobelo yang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Upacara Jl. Kawasan Pemerintahan Kel. MKCM Kec. Tobelo Kab. Halmahera Utara yang dipimpin langsung oleh Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra selaku Irup.

Dalam keterangannya Ws. Kapenrem 152/Babullah Kapten Inf Heru Darujito menyampaikan bahwa Upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2017 ini mengusung tema "Kerja bersama berlandaskan Pancasila mewujudkan masyarakat adil dan makmur",

" Semoga momentum Hapsak ini dapat mengingatkan kita akan peristiwa sejarah termasuk terhadap jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita sehingga menjadikan kita senantiasa insyaf dan sadar serta memegang teguh jatidiri bangsa sebagai Negara Pancasila. " jelasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar