Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 13 November 2017

TNI Jadi Narsum Seminar Hari Pahlawan di Universitas Halmahera


KABARPROGRESIF.COM : (Tobelo) Personel TNI dari Satuan jajaran Korem 152/Babullah yang juga pejabat Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Roby Manuel menjadi narasumber dalam Seminar Hari Pahlawan Nasional yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Halmahera 2017 di Aula Auditorium Kampus UNIERA Jl. Trans Tobelo-Galela Desa Wari Kec. Tobelo Kab. Halut Prov. Maluku Utara.

Seminar dengan tema "Menumbuh Kembangkan Jiwa Patriotisme Mahasiswa Di Era Milenial" tersebut dihadiri oleh Dandim 1508/Tobelo yang diwakili oleh Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Roby Manuel, Kapolres Halut yang diwakili oleh Kasubag Program Anggaran Polres Halut Iptu Jhon Uniplayta, Pasi Inteldim 1508/Tobelo Kapten Inf Fiqih S.A.Q, anggota DPRD Kab. Halut Chelie Sangkung, S.E., Direktur Kemahasiswaan Liliana Titaley, Wakil Presiden BEM Christo Hontong dan para peserta dari kalangan Mahasiswa.

Dalam sesi materi Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Roby Manuel mengupas tentang sejarah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memerlukan perjuangan panjang, tercatat dalam sejarah nama-nama pahlawan nasional bangsa kita yang sudah berjuang melawan penjajah selama kurun waktu 300 tahun namun sulit untuk merebut kemerdekaan karena perjuangan yang dilakukan tersebut masih bersifat kedaerahan. Hingga tiba masa Kebangkitan Nasional dimana timbul kesadaran dari para pejuang saat itu untuk menyatukan pemikiran meleburkan perbedaan Plural dan Multi Culture dengan semangat Nasionalisme dan Patriotisme hingga akhirnya mampu mengusir penjajah dan berhasil memproklamirkan kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945. Nilai-nilai Nasionalisme dan Patriotisme para pahlawan inilah yang patut diteladani oleh para generasi penerus bangsa ini termasuk para Mahasiswa yang merupakan Agent of Change.

Sementara itu ditempat terpisah Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra menyampaikan bahwa Mahasiswa di Era Milenial atau "jaman now" seperti saat ini harus mampu menumbuh kembangkan jiwa Patriotisme dalam kehidupan sehari-harinya. Patriotisme sendiri artinya cinta tanah air. Sikap cinta tanah air akan membawa seseorang rela berkorban dan pantang menyerah dalam membela negara. Sikap Patriotisme harus kita miliki dengan cara menjaga Persatuan dan Kesatuan, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, mencintai produksi bangsa sendiri serta bangga sebagai bangsa Indonesia. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar