Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 16 Desember 2017

Lanal Yogyakarta Laksanakan Uji Terampil Glagaspur P-1 dan P-2


KABARPROGRESIF.COM : (Yogyakarta) Prajurit dan Pegawai Neger Sipil (PNS) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V  dengan semangat tinggi melaksanakan materi materi yang diberikan tim uji dari Kolatarmatim dalam rangkaian Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2 yang dilaksanakan di Mako Lanal Yogyakarta, Jl. Melati Wetan, Baciro, Yogyakarta, Kamis (14/12).

Uji terampil Glagaspur yang berlangsung dua hari ini, hari pertama pelaksanaan kemarin,  tim uji terampil dari Kolatarmatim yang berjumlah 12 personel pimpinan Letkol Laut (P) D.A. Mansur ini tiba di Mako Lanal Yogyakarta disambut oleh Komandan Lanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M. Pd. Dilanjutkan dengan pembukaan Uji Terampil Glagaspur P-1 dan P-2 di Aula Mako Lanal Yogyakarta.

Materi-metri yang diujikan pada hari pertama tersebut antara lain tes tertulis sesuai bidang tugas, pengecekan software satuan kerja, PDD Khas TNI AL dan bongkar pasang senjata yang dilaksanakan di Mako Lanal Yogyakarta, sedangkan materi yang dilaksanakan di luar Mako Lanal Yogyakarta antara lain uji terampil menembak laras panjang dan laras pendek/pistol, dilaksanakan di lapangan tembak Batalyon Infanteri (Yonif) 403/WP, Kentungan Condong Catur Sleman dan uji renang militer serta evakusi medis di kolam renang Pluneng Klaten.

Sementara itu pelaksanaan uji terampil hari terakhir, Kamis (14/12) dengan materi uji  Peraturan Baris Berbaris (PBB), Penindakan Huru Hara (PHH) dilanjutkan dengan Pengendalian Masa (Dalmas) yang berhasil mengantisipasi dan mengendalikan demonstransi massa kelompok nelayan pantai Sadeng Wonosari yang menyuarakan aspirasinya di Mako Lanal Yogyakarta.

Uji terampil dilanjutkan dengan materi anti sabotase dan teror, dimana tim penguji memasang beberapa simulasi bom di area Mako Lanal Yogyakarta, yang berhasil disisir dan diidentifikas personel gabungan intelijen dan polisi militer TNI AL/Pomal Lanal Yogyakarta, selanjutnya dilaporkan kepada Jibom Brimobda DIY untuk dievakuasi.

Adapun uji terampil terakhir melaksanakan peran tempur bahaya umum, dengan simulasi adanya penyerangan Mako Lanal Yogyakarta oleh kelompok separatis bersenjata yang berhasil dilumpuhkan dan peran tempur bahaya udara, dimana dideteksi adanya pesawat yang akan menyerang diteruskan dengan peran kebakaran akibat dari serangan pesawat lawan, api dapat dipadamkan segera oleh gabungan personel PEK Lanal Yogyakarta dibantu tim PMK Balai Kota DIY dengan 1 unit kendaraan Damkar.

Seluruh rangkaian uji terampil Glagaspur P-1 dan P-2 Lanal Yogyakarta selesai dilaksanakan dengan baik, tertib dan aman. Dalam acara evaluasi dan penutupan, Letkol Laut (P) D.A Mansur selaku Katim menyampaikan apresiasi atas semangat tinggi dan masih dikuasainya kemampuan dasar prajurit Lanal Yogyakarta dalam situasi pelaksanaan tugas protokoler yang padat, adapun Komandan Lanal Yogyakarta  menyampaikan bahwa pelaksanaan uji terampil Glagaspur P-1 dan P-2 merupakan upaya pimpinan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan dan kesiapan suatu pangkalan dalam menghadapi ancaman, gangguan dan serangan pihak lawan atau musuh serta hasil evaluasi oleh tim penguji Kolatarmatim untuk menambah dan meningkatkan profesionalisme anggota Lanal Yogyakarta. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar