Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 10 Desember 2017

Menpora Tutup Kirab Pemuda Nusantara Di Kabupaten Blitar

Dandim 0808/Blitar Kerahkan Anggota


KABARPROGRESIF.COM : (Blitar) Rangkaian Kirab Pemuda Nusantara 2017 berakhir di Kabupaten Blitar, Kamis (7/12). Penutupan Kirab Pemuda Nusantara 2017 digelar di halaman Pendopo Sasana Adhi Praja jln Kusuma Bangsa No 60 Kanigoro Kab Blitar,

Ada 73 pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia yang mengikuti kirab pemuda nusantara 2017. Melewati 100 Kabupaten / Kota dan 30 titik singgah, selama 72 hari.

Setelah menempuh perjalanan mengelilingi nusantara selama kurang lebih 72 hari dari ujung utara (Miangas, Sulawesi Utara) dan selatan (Rote Ndao, NTT) Indonesia, Blitar menjadi titik akhir.

"Blitar menjadi tempat singgah terakhir dari seluruh rangkaian kirab. Karena Kabupaten Blitar memiliki sejarah serta akar budaya yang kuat bagi perjalanan bangsa Indonesia. Termasuk salah satunya proklamator kita presiden Soekarno dimakamkan disini,"

Menurutnya, Tidak ada perasaan lain yang ia rasakan selain haru dan bangga menyaksikan  73 pemuda dengan membawa semangat Bhineka Tunggal Ika.

"Semangat peserta kirab pemuda nusantara 2017 juga mengusung semangat untuk merangkai semangat persatuan dari provinsi satu ke provinsi lainnya menjadi satu Indonesia. "Semangat bahwa Kebhinekaan itu nyata, Kebhinekaan itu takdir dan Kebhinekaan harus tetap dijaga harus tetap digelorakan," tegas Imam Nahrawi.

Sementara Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Puan Maharani menyampaikan Kirab Pemuda Nusantara adalah salah satu upaya untuk memberikan semangat kepada pemuda Indonesia untuk terus berkarya dan bersatu. "Intinya adalah semangat agar pemuda Indonesia harus tetap bersatu dalam perbedaan. Menjunjung tinggi gotong royong dan menjadi garda terdepan dalam membangun Indonesia," ungkap Puan.

Bupati Blitar Rijanto sebelumnya mengatakan selama di Blitar peserta Kirab Pemuda melakukan sejumlah kegiatan. Diantaranya kegiatan napak tilas disejumlah tempat bersejarah di Kabupaten Blitar. Serta membaca kitab suci masing-masing agama yang diikuti sebelas ribu pemuda dan berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI)."Selama di Blitar peserta Kirab Pemuda Nusantara melakukan berbagai kegiatan positif. Mulai dari napak tilas hingga membaca kitab suci bersama-sama," paparnya.

Di samping itu Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto, SE juga mengatakan " bahwa pada hari ini Blitar menjadi tempat atau titik akhir Kirab Pemuda Nusantara 2017,,

"Untuk menjaga dan mengantisipasi timbulanya tindakan krimininal maka anggota kodim 0808/Blitar seperti Babinsa saya kerahkan untuk melaksanakan pengamanan, agar kegiatan ini bejalan dengan aman dan lancar "pungkasnya

Selain dihadiri Menko PMK dan Menpora penutupan Kirab Pemuda Nusantara 2017 juga dihadiri sejumlah menteri, diantaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya,  Gubernur Jawa Timur Soekarwo, serta Kapolda Jawa Timur Irjen.Pol Mahcfud Arifin. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar