Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 14 Desember 2017

Wadan Lantamal VI Tutup Pelatihan Selam dan Sematkan Brevet Scuba


KABARPROGRESIF.COM : (Makassar) Penyematan Brevet penyelam dan pelepasan tanda peserta oleh  Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Wadan Lantamal VI) Kolonel Marinir  Rasman M.Tr. Han kepada peserta menandai usainya pelaksanaan Pendidikan dan Latihan (Diklat) selam dasar untuk taruna dan pegawai Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar di pulau Samalona Kamis (14/12/2017).

Dalam Sambutan Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M yang dibacakan Wadan Lantamal VI mengatakan latihan penyelaman ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemaapuan dan profesionalisme bagi pengawai dan taruna PIP Makassar. Latihan ini diharapkan berfungsi sebagai pembinaan SDM yang diharapkan dapat memberi bekal pengetahuan yang cukup baik teori penyelaman  maupun aplikasi dilapangan, termasuk didalamnya kecakapan dalam menggunakan peralatan baik secara individu maupun berkelompok, bekal ini mutlak diperlukan dalam rangka mengantisipasi situasi di laut.

Dansatkamla Lantamal VI Mayor Laut FreeJohn Da Costa selaku ketua Panitia mengatakan Selama hampir sebulan  mulai tanggal 15 November 2017,  130 orang peserta diantaranya 100 orang Taruna dan  30 orang pegawai PIP Makassar   telah  Menerima beberapa materi  latihan seperti Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP), PAP meliputi kesehatan, fisika, fisiologi, tabel selam, pengenalan alat selam. Hand signal dan biota bawa laut.

Lebih lanjut Peserta juga di beri bekal latihan keterampilan kolam (LKK ) dan latihan perairan terbuka di perairan Samalona, materinya diantaranya turun statis, masker clearing, buddy breathing, regulator recovery, fins pivvot serta  ketrampilan menyelamnya lainnya. Selama Diklat peserta di gembleng  oleh instruktur berpengalaman Kapten Laut (S) Jawawi  yang sehari hari berdinas di Denma  Lantamal VI dan di bantu  15 pelatih yang juga dari Lantamal VI.

Upacara penutupan dan penyematan brevet  juga dihadiri direktur PIP Makassar H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar