Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 05 Januari 2018

Komandan Lantamal V Hadiri Apel Khusus Peringatan HUT Kowal Ke-55 Tahun 2018


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. didampingi Ketua Korcab V DJAT Ny. Herniwati Edi Sucipto  menghadiri acara apel khusus dalam rangka peringatan HUT Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) ke-55 tahun 2018 dengan Irup Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI drg. R.A. Nora Lelyana, M.H., Kes, di Dermaga Madura Koarmatim,  Ujung, Surabaya, Jum’at (5/1).

Apel khusus ini didahului dengan penerima apel memasuki lapangan upacara,  dilanjutkan dengan penghormatan pasukan serta laporan pengambil apel. Selanjutnya pembacaan amanat Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.AP., serta menyanyikan Mars Kowal.

Kasal dalam amanatnya yang dibacakan Kadiskesal mengatakan bahwa  Apel khusus dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenang kembali sejarah kelahiran Kowal pada tanggal 5 Januari 1963, serta  sebagai  momentum yang tepat untuk terus menggelorakan tekad dan semangat serta cita-cita luhur wanita Indonesia, khususnya anggota Kowal, dalam memberikan pengabdian terbaiknya kepada bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Laut.

Momentum peringatan hari jadi ini lanjut Kasal,  dapat dijadikan sebagai titik tolak, untuk menumbuhkan kembali semangat juang dan patriotisme prajurit Kowal yang diwujudkan secara nyata dalam bentuk peningkatan profesionalitas, kompetensi, dan  etos kerja.

Dalam kegiatan HUT ke-55 Kowal tahun 2018, selain melaksanakan Apel khusus, juga dilaksanakan pengukuhan Ibu Raksa Tri Anggana Tantri kepada Ibu  Nanny Hadi Tjahjanto selaku Istri dari Panglima TNI sebagai Ibu Asuh Korps Wanita TNI.

Ibu Raksa Tri Anggana Tantri merupakan Ibu asuh wanita TNI yang mempunyai tugas memberikan bimbingan, asuhan, dan tuntunan kepada para wanita TNI agar tetap dapat menyelaraskan antara tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota militer dan sebagai perempuan yang mempunyai tanggung jawab terhadap keluarga.

Selain itu, pada peringatan HUT Kowal kali ini dimeriahkan dengan Ship Tour & Joy Sailing dan berbagai atraksi atau demonstrasi yang menunjukan eksistensi prajurit Kowal TNI AL.

Dalam joy saling juga di gelar demonstrasi yang dipersembahkan personel Kowal antara lain Tari Putri Enggang, Angklung dan kolintang, Paduan suara dan Launching Adhara Voice.

Saat ini, anggota Kowal berjumlah 2034 orang dimana tiga personel Kowal merupakan Perwira Tinggi berpangkat Laksamana Pertama, kemudian personel berpangkat Kolonel berjumlah 28 orang, Letnan Kolonel (Letkol) berjumlah 152 orang, Mayor berjumlah 211 orang, Kapten 193 orang, Letnan Satu (Lettu) 124 orang, Letnan Dua (Letda) 120 orang, Pembantu Letnan Satu (Peltu) 177 orang, Pembantu Letnan Dua (Pelda) 123 orang, Sersan Mayor (Serma) 180 orang, Sersan Kepala (Serka) 253 orang, Sersan Satu (Sertu) 276 orang, dan Sersan Dua (Serda) berjumlah 194 orang.(arf)

0 komentar:

Posting Komentar