Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 08 Februari 2018

Instalasi Farmasi RS Brawijaya Surabaya Beri Penyuluhan Cara Penggunaan Obat


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Selasa pagi, 6 Februari 2018 pukul 08.00, RS TK. III Brawijaya Surabaya tidak seperti hari-hari biasanya, ruang tunggu dipenuhi pasien yang antusias menyimak penyuluhan tentang “Cara Cerdas Menggunakan Obat”. Penyuluhan-penyuluhan ini intens dilakukakan oleh Tim promosi kesehatan masyarakat rumah sakit tk III brawijaya.  Pada kesempatan pagi ini  penyuluhan disampaikan oleh Apoteker Instalasi Farmasi Rumkit TK. III Brawijaya Surabaya sebagai bentuk pelayanan Rumkit terhadap pasien.

Yang perlu diketahui oleh setiap pasien ketika menerima obat, adalah  cerdas dalam menggunakannya. Pasien diharapkan paham 5 O yaitu :  Obat ini apa nama dan kandungannya, Obat ini apa khasiatnya, Obat ini berapa dosisnya, Obat ini bagaimana cara menggunakannya dan Obat ini apa efek sampingnya, demikian dipaparkan oleh Mayor Ckm (K) Tutik Sulastin, S.Si., Apt., Sp. FRS dari Instalasi Farmasi Rumkit TK. III Brawijaya.

Edukasi seperti ini lebih efektif dilakukan selain sebagai bentuk layanan kepada pasien juga sebagai bentuk interaksi langsung antara Apoteker Rumah Sakit (sebagai tenaga kesehatan dalam pelayanan obat) dengan pasien. Pada kesempatan seperti ini juga digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi penting tentang pelayanan obat instalasi farmasi.

Dipenghujung penyuluhan ini diakhiri dengan tanya jawab dari pasien, dari acara ini dapat diketahui masih banyak pasien yang belum paham cara menggunakan obat dengan benar. Semoga penyuluhan tersebut dapat lebih meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang hidup sehat (arf)

0 komentar:

Posting Komentar