Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 13 Februari 2018

Masjid Arif Nurul Huda Terbesar se-Polda di Indonesia Diresmikan


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meresmikan Masjid Arif Nurul Huda, Polda Jatim.

Kapolri kagum dengan kemegahan masjid baru ini dan menilai masjid yang diresmikan hari ini adalah yang terbesar dibandingkan masjid lainnya di polda se Indonesia.

"Polda Jawa Timur adalah polda terbesar di Indonesia dari segi jumlah personelnya. Saya pernah melihat masjid lama (di Mapolda Jatim) memang memprihatinkan. Polda besar tapi masjidnya kelas polres," kata kapolri saat meresmian Masjid Arif Nurul Huda, di komplek Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Selasa (13/2/2018).

Kapolri menjelaskan Masjid Arif Nurul Huda ini bersaing sedikit dengan masjid di Polda Metro Jaya.

"Polda Jawa Timur nomor 1. Insya Allah masjidnya juga nomor 1," tuturnya.

Kapolri mengatakan, fasilitas masjid baru ini cukup bagus dan bisa dimanfaatkan masyarakat lainnya.

"Bisa dimanfaatkan selain anggota Polri, anggota TNI. Ini terbuka. Teman-teman masyarakat juga silahkan datang untuk bersilaturrahmi, beribadah," tuturnya.

"Masjidnya nyaman. Akustiknya bagus. Mudah-mudahan nggak jadi tempat tidurnya anggota," jelasnya.

Masjid Arif Nurul Huda Polda Jatim diresmikan/ Foto: Rois Jajeli

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, pembangunan masjid di atas lahan seluas 1.600 meter persegi ini dimulai Februari 2017. Pembangunan tersebut sebenarnya selesai sekitar 9-10 bulan. Dan resmi digunakan hari ini tepat setahun.

"Tepat 1 tahun akhirnya masjid ini dapat diresmikan penggunaannya. Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah memberikan kontribusi, sehingga proses pembangunan Masjid Arif Nurul Huda ini dapat berjalan lancar," ujarnya.

Melalui upaya pembangunan masjid ini, diharapkan bisa memberikan sumbangsih berupa aset Polri yang dapat dimanfaatkan siapa saja untuk beribadah, sekaligus juga mengakomodir kebutuhan untuk melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan seperti imaroh dan tarbiyah.

"Dengan adanya Masjid Arif Nurul Huda ini diharapkan dapat mengetuk pintu langit, sehingga turun keberkahan, kedamaian, keamanan di wilayah Jawa Timur. Melalui kehadiran masjid ini, kita senantiasa mengharapkan ridho dan kemurahan Dzat Yang Maha Mulia agar Jawa Timur selalu aman, tentram, damai, demi kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera," jelasnya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga memberikan sambutan. Dengan gaya jenakanya, Pakde Karwo mengatakan, kapolda membuat masjid di dekat jalan besar.

"Orang ngebut, lihat masjid pasti ngerem. Itu hal sederhana, tapi itu juga mengingatkan," tuturnya yang disambut geer undangan.

Gubernur berharap, kehadiran Masjid Arif Nurul Huda ini bisa menjadikan tempat syiar dan membawa situasi Jatim aman, nyaman.

"Insya Allah di Jawa Timur aman," jelasnya.

Masjid Arif Nurul Huda yang bisa menampung sekitar 1.600 jamaah ini diresmikan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian. Selain itu, juga dihadiri para pejabat utama Mabes Polri seperti Kabareskrim Komjen Pol Ari Dono, Kabarhakam Komjen Pol Moechgiyarto, Kakor Brimob, Karo Penmas Divhumas Brigjen Pol M Iqbal, dan pejabat lainnya.

Hadir Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, serta pejabat TNI dari TNI AD, AL dan AU. Gubernur Jatim Soekarwo, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, serta beberapa kepala daerah lainnya.

Juga hadir utusan dari Presiden Jokowi untuk Dialog dan Kerjasama antar agama dan peradaban Din Syamsudin, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, Ketua PWNU Jatim KH Mutawakil Allallah, serta para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat. (*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar