Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 18 Februari 2018

Pengurus PMII Resmi Dikukuhkan


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Setelah sempat mati suri, Ikatan Media Mingguan Indonesia (IMMI) kini telah berubah nama menjadi  Perkumpulan Media Mingguan Indonesia (PMII).

Tak hanya berubah nama saja, Kepengurusan organisasi jurnalis ini juga diisi oleh wartawan-wartawan senior dan berdidikasi tinggi, diantaranya Bachtiar Utomo,SH, Pimred Koran Soerabia Newsweek dan Dr H Dhimam Abror, Mantan Ketua PWI Jatim.

Kepengurusan IMMI resmi dikukuhkan pada Sabtu (27/2/208) di Hall C Asrama Haji Surabaya dan disaksikan oleh Kepala Biro Humas Protokol Kerja Sama Pemprov Jatim, Drs. Benny Sampir Wanto. Pimred Koran Soerabia Newsweek resmi menjadi Ketua Umum PMII Periode 2018-2023. 

"Saat ini sudah tercatat 20 anggota pemilik media yang sudah bergabung di PMII,"kata Bachtiar saat memberikan sambutannya.

Dalam sambutannya, Bachtiar juga menyebut, jika media mingguan seringkali mendapat perlakuan diskriminasi,Tapi tak sedikit karya-karya tulis dari media mingguan justru dicomot oleh koran-koran harian.

"Dan itu terjadi pada karya tulis wartawan saya,"ucapnya yang disambut tepuk tangan dari para undangan.

Untuk menciptakan wartawan yang profesional dibidangnya, lanjut Bachtiar, PMII akan melakukan banyak perubahan, diantaranya pemberian diklat.

"Hari ini, kami juga telah mempersipakan untuk pendidikan uji kompetensi wartawan atau UKW,"terang pria bergelar sarjana hukum.

Sementara, Kepala Biro Humas Protokol Kerja Sama Pemprov Jatim, Drs. Benny Sampir Wanto memberikan apresiasi atas terbentuknya PMMI. 

"Saya merasa bangga karena selain menyaksikan pengurus baru PMMI 2018-2023 juga ada program mendidik wartawan yakni Diklat wartawan,"ucap Beny saat memberikan sambutannya.

Sedangkan Mantan Ketua PWI Jatim Dr.H. Dhimam Abror yang juga didaulat menjadi Ketua Dewan Kehormatan (DK) PMII juga mengapresiasi terbentuknya kepengurusan PMII.

Dia pun menyebut, jika kepengurusan PMII Periode 2018-2023 diisi oleh orang orang profesional.

"Saya tidak menyangka yang menjadi pengurus adalah orang-orang profesional yang sudah lama saya kenal,"kata Pria yang akrab dipanggil Abror.

Abror juga memuji program PMII yang telah memberikan pendidikan jurnalis jelang uji kompentensi wartawan (UKW).

"Soalnya gampang-gampang kok, saya jamin kalau anda-anda mau belajar, UKW nya pasti lulus,"ucap Abror pada pengurus IMMI dan puluhan peserta diklat jurnalistik.

Tak hanya itu, Abror juga mengaku salut dengan keberadaan media mingguan yang mampu bersaing dengan media-media harian.

"Ini yang membuat saya salut, media mingguan bisa eksis terbit hingga puluhan tahun, meski kadang-kadang membuat kepala terlihat berasap karena harus membayar cetak,"gurau Abror yang langsung disambut tepukan tangan.

Usai pengukuhan pengurus PMII, puluhan peserta diklat jurnalistik mendapatkan materi UKW dari dua pemateri, yakni Tjuk Suwarsono, dosen STIKOSA - AWS, sekaligus Konsultan MedPro dan Djoko Tetuko Abd.Latief MSi, Ketua Dewan Kehormatan PWI Jatim.

Dalam materinya, dua wartawan senior ini mengajarkan bagaimana seorang wartawan bisa mendapatkan berita tanpa melanggar rambu-rambu sesuai UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

"Banyak ilmu yang saya dapat dari diklat ini,"ujar Agus Setya Utomo, Peserta Diklat Jurnalistik dari Koran Bidik

Berikut susuan Pengurus PMMI periode 2018-2023. Ketua Dewan Kehormatan : Dr.H. Dhimam Abror. Dewan Pembina : Acharuddin Lotto, Bachtiar Sitorus, SH. Dewan Pengawas: Dr.Soetanto Soephiady, H.Samiaji Makin Rahmat, SH.MH, Drs.H.Erfandy Putra. Pengurus: Ketua Umum: Bachtiar Utomo,SH. Wakil Ketua I: M.Tinoes, Wakil Ketua II: Drs.Sugianto Hartawan, SH. Wakil Ketua III: I Komang Aries Darmawan. Sekretaris Umum: Drs. Edy Sutanto, SH. Wakil Sekretaris : Johan Faktari Sitorus,SE. Bendahara Umum: Subagiyo Hery Suprianto. Wakil Bendahara : Akhwan Ardiansyah. Bidang Advokasi/Hukum: Didit Pramita, SH. & Bambang Budiono, SH. Bidang Antar Lembaga: Suyitno Hariyadu,SH. Bidang Seni & Budaya: Zainal Abidin. Bidang Humas:  Deresman Panjaitan. (Komang)

0 komentar:

Posting Komentar