Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 12 Februari 2018

Wadan Kodiklatal Buka Tiga Program Pendidikan Perwira


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M., membuka Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) angkatan ke-27,  Pendidikan Aplikasi (Dikaplikasi) 1 dan Pendidikan Matra (Dikmatra) 1 yang diikuti oleh 174 Perwira Pertama (Pama) di Gedung Martadinata, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Jumat (9/2).

 Dari jumlah 174 orang tersebut, 120 orang mengikuti Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) dengan rincian 114 orang dari TNI AL, empat orang dari TNI AD serta dua orang dari TNI AU, 51 orang mengikuti Dikmatara I dan tiga orang mengikuti Dikaplikasi I.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P. dalam amanat  yang dibacakan Wadan Kodiklatal menyampaikan pendidikan lanjutan perwira akan dilaksanakan selama 7 bulan, terdiri dari jurusan komando umum, bantuan tempur dan komando tempur. Secara umum, tujuan Diklapa yaitu mendidik dan membekali perwira TNI AL menjadi prajurit pejuang saptamarga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut dengan pengetahuan taktis operasi dan manajerial staf.

Sedangkan dikaplikasi-1 akan dilaksanakan selama dua bulan dengan tujuan untuk mendidik perwira siswa agar memiliki kemampuan administrasi umum, peren-canaan umum, perbekalan dan pembinaan personel.

Demikian pula dikmatra-1, dilaksanakan selama 2 bulan, dengan tujuan untuk memberikan pendidikan profesi matra laut bagi perwira yang telah mengikuti dikspespa di luar TNI AL, agar dapat melaksanakan tugas sebagai perwira divisi di KRI, Danki Yon, Kaur di Mabesal atau jabatan lain yang setingkat.

Lebih lanjut disampaikan, menghadapi tantangan tugas TNI Angkatan Laut ke depan yang semakin kompleks seiring dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis, regional dan nasional serta kebijakan pemerintah saat ini menjadikan indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Kodiklatal sebagai komando utama pembinaan TNI AL yang mengemban tugas diantaranya menyelenggarakan pembinaan pendidikan dan latihan TNI AL dalam rangka mendukung tugas TNI AL, harus mampu mewujudkan kualitas personel TNI AL yang profesional serta meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan tugas TNI AL,” ujar Dankodiklatal menutup amanatnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar