Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 07 Mei 2018

Museum Bahari - Lanal Yogyakarta, Gelar Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Se-DIY


KABARPROGRESIF.COM : (Yogyakarta) Dalam upaya mengenalkan dan mencintai dunia kemaritiman generasi muda, khususnya pelajar tingkat SLTP dan SLTA wilayah Yogyakarta serta dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Museum Bahari Yogyakarta ke-9 Tahun 2018, Museum Bahari bekerjasama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Yogyakarta menggelar Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Tingkat SLTP dan SLTA Sederajat Se-DIY, Senin (7/5).

Cerdas cermat kali ini,  memperebutkan piala Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio (Kepala Staf TNI Angkatan Laut tahun 2012-2015), dengan mengusung tema "Mengenal Dunia Maritim Indonesia".

Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta, Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, S.Mar Stud didaulat sebagai ketua panitia penyelenggara kegiatan yang mengundang animo masyarakat terutama paelajar untuk hadir menyaksikan dalam event yang digelar di Hall A dan B hotel Dermaga Keluarga Jl. Ambarbinangun No 470 Sonosewu Baru, Ngestiharjo, Kasihan Bantul Yogyakarta.

Pembukaan Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Se-DIY dihadiri langsung oleh Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, Laksamana Madya TNI (Purn) Yosafat Didik Heru Purnomo selaku Pembina Museum Bahari Yogyayakarta dan Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd.

Acara pembukaan juga dihadiri oleh pejabat TNI Polri diantaranya Korem 072 Pamungkas, Kodim 0734/YKA, Koramil 10/Wirobrajan, Lanud Adi Sucipto, Polsek Wirobrajan, stageholder bidang maritim dan kepemudaan dari instansi pemerintah DIY diantaranya Disbud, DKP dan Dispora, Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut (PPAL) Rayon Yogyakarta serta peserta lomba dan guru pendamping yang terdiri dari 24 regu SLTA dan 18 regu SLTP sederajat DIY.

Beberapa sambutan mengisi acara pembukaan diantaranya, sambutan oleh Ketua Panitia, menyampaikan perihal waktu pelaksanaan lomba pada tanggal 5 Mei dilanjutkan tanggal 7 dan 8 Mei 2018 serta menyampaikan informasi bahwa animo peserta lomba tahun ini meningkat 2 kali lipat.

Laksdya TNI (Purn) Yosefat Didik Heru Purnomo selaku Pembina Museum Bahari Yogyakarta menyampaikan bahwa pelaksanaan lomba cerdas cermat kemaritiman tahun 2018 adalah kegiatan yang ke 2, merupakan bukti semangat dan kecintaan kita akan dunia maritim Indonesia, dimana tidak ada negara besar di dunia yang tidak menguasai laut dan sejarah membuktikan bahwa negara kita juga pernah mencapai kejayaan maritim pada era kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

"untuk hal tersebut bukan soal kalah menang dalam lomba cerdas cermat kemaritiman, namun bagaimana kita berupaya bersama sama dalam membangun dan membesarkan semangat mencapai kejayaan maritim kembali," terang Didik.

Adapun Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, dalam sambutannya menyatakan rasa syukur bahwa presiden Jokowi sebagai presiden ke 7 Republik Indonesia sebagai presiden yang memproyeksikan kesejahteraan rakyat Indonesia dengan konsep bertumpu pada visi misi penguasaan maritim dan menjadikan negara kita sebagai poros maritim dunia.

Hal tersebut dilaksanakan dengan 5 pilar maritim yakni budaya maritim, sumber daya maritim, konektifitas dan infrastruktur maritim, diplomasi maritim dan pertahanan maritim.

"Selamat bertanding dan semoga tahun depan akan lebih kita semarakkan kembali," ujarnya.

Usai sambutan,  mantan Kasal ini membuka lomba cerdas cermat dengan penekanan tombol didampingi Laksdya TNI (Purn) Yosafat Didik Heru Purnomo dilanjutkan menyaksikan langsung pelaksanaan lomba cerdas cermat babak 1 dari peserta SMA N 1 Semanu Kab. Gunung Kidul melawan SMK N 1 Sanden Kab. Bantul.

Pada kesempatan ini dan SMA N 1 Semanu mendapat hadiah dari Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio. Kegiatan dilanjutkan dialog dengan peserta lomba dan guru pendamping serta menyaksikan sesi perdana lomba cerdas cermat tingkat SLTP di lantai 2 hotel Dermaga Keluarga.

Sebagai ahkir kegiatan dilaksanakan foto bersama pejabat undangan dan peserta lomba serta penyerahan cindera mata buku "Kesadaran Baru Maritim" hasil buah pikiran Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio diserahkan langsung kepada Danlanal Yogyakarta.

"Kami jajaran Lanal Yogyakarta siap menggelorakan semangat dan wawasan maritim generasi muda wilayah Yogyakarta," terang Danlanal Yogyakarta saat menerima buku cindera disambut tepuk tangan hadirin undangan dan peserta. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar