Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 23 Juli 2018

Dankodiklatal Terima Kunjungan Tim Wasrik Itjenal


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P menerima kunjungan Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik)  Inspektorat Jendral TNI AL (Itjenal) yang dipimpin langsung Irjenal Laksma TNI  Djoko Erwan Prihatmoko, M.Tr.(Han)., CFRA., di Loby Utama Gedung Kihadjar Dewantara Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Senin (23/7).

Dalam menerima kunjungan tersebut Komandan Kodiklatal didampimgi para Pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal, Direktur Umum, Direktur Doktrin, Dirjianbang, Dirdiklat dan Komandan Kodikopsla, sedangkan dari Itjenal selain Irjenal hadir pula Inspektur Pembinaan Inspektorat Jenderal TNI AL (Irbin Itjenal) Laksma TNI Sunaryo, CFRA.

Dalam kesempatan tersebut Irjenal Laksma TNI  Djoko Erwan Prihatmoko, M.Tr.(Han)., CFRA menyampaikan maksud dan kedatangannya beserta tim Wasrik ke Kodiklatal adalah  untuk melaksanakan Review tentang Laporan Keuangan TNI Angkatan Laut di Kodiklatal. Review dilaksanakan guna meningkatkan efisiensi pendayagunaan anggaran dan optimalisasi dalam pelaksanaan kegiatan yang akan datang.

Sementara itu Dankodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya akan menyampaikan laporan perkembangan Kodiklatal yang mencakup hasil pelaksanaan kegiatan yang telah dicapai pada 1 Januari 2016 sampai dengan 30 Juni 2018 beserta hambatan yang dihadapi serta upaya penyelesaiannya, yang meliputi empat bidang.

Adapun empat bidang tersebut adalah Pembinaan doktrin dan petunjuk, organisasi serta permildas di lingkungan TNI AL, Bidang pembinaan pendidikan yang ditugaskan kepada Kodiklatal, Bidang latihan TNI AL yang ditugaskan kepada Kodiklatal, Pengkajian dan pengembangan doktrin dan petunjuk, pendidikan serta latihan dan Pembinaan fungsional.

Menurutnya secara umum perkembangan program dan kegiatan Kodiklatal yang telah disampaikan terlaksana sesuai dengan dukungan yang ada. Sedangkan permasalahan yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan tugas-tugas Kodiklatal, dapat diatasi melalui koordinasi dengan komando atas dan satuan samping.

Lebih lanjut disampaikan dengan segala keterbatasan, tidak menutup kemungkinan masih ada kekurangan secara administratif akibat dinamika yang memerlukan penyesuaian di lapangan. Namun, dengan adanya reviu dari itjenal yang dilaksanakan secara periodik terhadap laporan keuangan TNI AL, atas bukti-bukti suatu kegiatan yang telah dilaksanakan agar sesuai ketentuan, standar, rencana atau norma yang telah ditetapkan, sehingga diharapkan kekurangan tersebut dapat diminimalisir dengan adanya pendalaman oleh tim wasrik Itjenal.

Berkaitan dengan pelaksanaan wasrik tersebut Dankodiklatal menginstruksikan kepada para Direktur Kodiklatal, para komandan kodik, kepokgadik dan para komandan puslat agar memberikan dukungan sepenuhnya kepada tim wasrik dengan mengembangkan pola kemitraan, keterbukaan serta komunikasi yang dialogis dengan memberikan laporan yang dilengkapi dengan bukti yang akurat dan data-data lain yang dibutuhkan sebagai upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan sumber daya, dalam rangka perbaikan kinerja organisasi.

Hal ini perlu disampaikan mengingat pada tahun 2017 opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan Kemhan TNI adalah Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Sedangkan, tuntutan publik terhadap kinerja dan hasil laporan keuangan di badan-badan pemerintah dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian tidak dapat ditawar-tawar lagi, sehingga perlu mengambil langkah-langkah antisipatif untuk melakukan kegiatan pelaksanaan program sesuai aturan yang berlaku menurut standar KPK, BPK, Irjen TNI dan Irjenal dalam rangka mewujudkan laporan pertanggungjawaban keuangan yang jujur dan transparan. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar