Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 20 Juli 2018

Danlanal dan Prajurit Lanal Yogyakarta Lari Estafet Pembawa Obor Asian Games 2018


KABARPROGRESIF.COM : (Yogyakarta) Tepat hari ini hari ke-3, Kamis (19/07/2018) api abadi berasal dari New Delhi India berada di kota Yogyakarta sebagai cikal bakal obor pesta olah raga bertaraf internasional Asian Games ke-18 tahun 2018 oleh pemerintah Indonesia, api India tersebut telah disatukan dengan api abadi dari Mrapen Grobogan Jawa Tengah, prosesi penyatuan dua api tersebut oleh Wakil Presiden RI  M. Yusuf Kalla di Candi Prambanan pada Rabu (18/07/2018) malam.

Selanjutnya dimulainya pawai obor (Torch Riley) Asian Games 2018 keliling kota Yogyakarta sebagai kota pertama melaksanakan pawai obor Asian Games 2018. Acara pelepasan pawai obor Asian Games 2018 digelar di Pagelaran Kraton Yogyakarta oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, selaku Gubernur DIY.

Acara dimulai tepat pukul 07.00 WIB, dibuka dengan pentas tarian tradisional Krido Jati Roso, yang dihadiri pula Menteri Luar Negeri RI Ibu Retno Marsudi, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga RI Bpk. Gatot Sulistyantoro, Sekjen Inasgoc Bpk. Eri Herianto, unsur pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DIY antara lain Danrem 072/Pmk, Danlanud Adisucipto, Kapolda DIY, Kabinda DIY, Danlanal Yogyakarta, Kajati DIY serta dihadiri ribuan warga masyarakat Yogyakarta memadati pagelaran Kraton dan sepanjang jalan rute kirab yang dilalui.

Komandan Lanal Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd dan prajurit Lanal Yogyakarta bersama unsur Forkopimda DIY lainnya mengikuti lari estafet sebagai pembawa obor Asian Games 2018, dimana sebelumnya obor diserahkan oleh Gubernur DIY kepada Menlu RI sebagai pelari pembawa obor pertama kali, menjadi awal kirab dimulai dengan didampingi Tim Pelari Gabungan TNI Polri DIY dan para atlit berkeliling kota Yogyakarta menempuh jarak sekitar 11 km.

Sekitar pukul 09.20 Wib, obor sampai dititik finish di pal putih Tugu Yogyakarta, diserahkan oleh Sekjen Inasgoc  Eris Heryanto kepada Walikota Yogyakarta Drs. Haryadi Suyuti, api kemudian dipindahkan dalam tinder box untuk selanjutnya akan dibawa ke Solo untuk melanjutkan rangkaian kirab obor 35 kota seluruh Indonesia.

Rangkaian kegiatan kirab obor Asian Games 2018 kota Yogyakarta selesai terlaksana tertib dan lancar, Danlanal Yogyakarta turut menyampaikan doa dan harapannya, "Semoga obor api yang diawali dan dikirab di Yogyakarta ini, dapat menjadi penyemangat sportifitas atlet kita untuk siap bertanding dan siap sukses mengharumkan bangsa Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018", ujar Danlanal Yogyakarta. 9arf)

0 komentar:

Posting Komentar