Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 20 Agustus 2018

Risma Bersyukur SPP SMA/SMK Kembali Gratis


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyambut gembira adanya kabar sebuah kepastian pendidikan gratis bagi siswa SMA/SMK Negeri dan swasta di Jawa  Timur.

Kepastian tersebut, sebelumnya disampaikan Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa usai menghadiri pagelaran Wayang Kulit di Gedung Astranawa, Minggu (19/8). Menurutnya, pendidikan gratis dan berkualitas sesuai yang dijanjikan saat kampanye Pilgub sudah masuk dalam APBD 2019.

“ Ini menjadi tugas Pemprov. Sehingga, orang tua di Jawa Timur bisa ayem,” terangnya.

Sebelumnya, pendidikan SMA/SMK gratis di Surabaya, semasa pengelolaan di bawah Pemkot Surabaya. Namun, pasca UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mulai diberlakukan. Sejak  Tahun 2017, kewenangan pengelolaan SMA/SMK beralih dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Provinsi. Dan, saat itu, karena keterbatasan anggaran, Pemprov Jatim tak menggratiskan pendidikan SMA/SMK.

Risma bersyukur, pendidikan SMA’SMK kembali gratis, sehingga tak ada lagi anak-anak yang putus sekolah.

“Alhamdulillah, saya seneng gak ada lagi anak yang putus sekolah,” ujarnya usai memberikan bantuan mesin jahit kepada warga Dolly, Senin (20/8)

Walikota yang pernah meraih predikat terbaik dunia itu menyatakan, siapapun yang mengelola, yang terpenting baginya adalah semua anak SMA/SMK bisa bersekolah. Pasalnya, tiap tahun jumlah angka putus sekolah di Kota Surabaya terus bertambah.

“Awal tahun ini 500 anak lebih. Belum tahun lalu,” ungkapnya.

Risma mengaku, belum lama ini menyampaikan data jumlah anak SMA/SMK yang putus sekolah ke pemerintah pusat.

“Barusan aku kirim ke Pak Menteri (Mendikbud) dan Pak Presiden,” pungkasnya. (*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar