Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 24 Oktober 2018

Dankodikdukum Kodiklatal Inspeksi Kesiapan Lattek Wira Jala Yudha VII/2018


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Lattek Wira Jala Yudha VIII/2018 Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Komando pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan menginspeksi kesiapan 281 Siswa dari beberapa Pusdik dibawah Kodikdukum yang dilaksanakan di lapangan Apel Kodikdukum Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Selain Komandan Kodikdukum Kodiklatal, hadir dalam Inspeksi kesiapan tersebut Wadan Kodikdukum Kolonel Laut (S) Heru Kaswanto, S.E., Direktur Latihan Lattek Wira Jala Yudha VIII/2018  yang juga Komandan Pusdikpel Kodikopsla  Kolonel Laut (P) Tunggul, Paban II Pam Ditum Kolonel Laut (P) M. Risahdi, M.si (Han), Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letkol Laut (P) Hasto Sarwono, S.E., M. Tr Hanla dan para Komandan Pusdik, Komandan Sekolah serta para Pabingsis yang terlibat dalam pelaksanaan Lattek Wira Jala Yudha.

 Adapun 281 siswa Kodikdukum tersebut berasal dari lima Pusdik antara lain Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek), Pusat Pendidikan Elektronika (Pusdiklek), Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin), Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpomal) dan Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes).

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodikdukum Kodiklatal Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan menyampaikan bahwa lattek layar ini bertujuan agar para siswa memiliki pengetahuan tentang kehidupan  khas TNI AL di KRI, sekaligus pengenalan Alut sista yang dimiliki TNI AL sebagai bekal penugasan setelah selesai menempuh pendidikan di Kodikdukum Kodiklatal.

Menurutnya lattek yang akan menggunakan KRI di bawah Koarmada II tersebut para siswa akan mempelajari  tentang peran-peran di kapal, tradisi TNI AL, dinas jaga laut sekaligus mempelajari karakteristik KRI yang merupakan Alutsista utama TNI AL. Kepada para siswa Dankodikdukum berpesan agar memperhatikan faktor keamanan, karena kondisi di kapal sangat berbeda dengan kondisi kehidupan di darat.

Pamen melati tiga dipundak ini juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan lattek,  para siswa tidak hanya belajar di Kapal saja,  setelah sandar ditempat tujuan para siswa akan melanjutkan kegiatan berupa Bahkti sosial, bersih bersih pantai, kunjungan ke pejabat Pemda TNI POLRI, promosi ke sekolah-sekolah, olah raga bersama dan panggung prajurit.

Berkaitan dengan kegiatan tersebut Dankodikdukum berpesan agar para siswa melengkapi kelengkapan pribadi yang nantinya di butuhkan saat pelayaran maupun kegiatan yang akan dilaksanakan saat kapal sandar, hal yang tidak boleh dilupakan dalam pelayaran di KRI adalah memastikan kesiapan alat penolong perorangan berupa swemvest agar dapat berfungsi dengan baik. Selain itu agar para siswa selalu berdoa dalam mengawali setiap  kegiatan, semoga diberi kelancaran dan kesuksesan hingga kembali kelembaga Pendidikan.

Selain Kodikdukum, Apel kelengkapan kesiapan Lattek pelayaran Wira Jala Yudha VIII/2018 juga dilaksanakan Di Kodikmar yang berlokasi di Gunung Sari untuk mengecek kesiapan siswa korps marinir dan di Kodikopsla yang berlokasi di Ujung Surabaya untuk mengecek kesiapan siswa korps pelaut. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar