Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 05 November 2018

TNI AL Tingkatkan Kemampuan Pertahanan Siber


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dalam rangka meningkatkan profesionalisme personel pengawal system computer dan jaringan komunikasi data, TNI Angkatan Laut menggelar Latihan Operasi Pertahanan Siber (Opshansiber) dari tanggal 5-6 Nopember 2018 dengan melibatkan Kotama-kotama TNI AL, baik yang berada di Jakarta maupun Surabaya serta unsur-unsur Kapal Perang yang berlayar di Laut Jawa.

Dalam penyelenggaraan Latihan Opshansiber ini, Kodiklatal berperan sebagai Satuan Tugas 7/Siber yang beranggotakan 16 orang, berasal dari : Pusdiklek Kodiklatal, Lahta Puspenerbal, Lahta AAL, STTAL, Lantamal V/Sby, Lahta RSAL dr. Ramelan Surabaya, Lanal Batuporon, Lanal Banyuwangi, Lanal Denpasar dan Lanal Semarang. Secara keseluruhan latihan inidiikuti oleh 156 peserta.

Bertindak sebagai Komandan ST 7/siber adalah Letkol Laut (E) Mohammad Zulkifli yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Sebalek Pusdiklek Kodiklatal. Sebagai Kawasdal adalah Kolonel Laut (E) A.O.P. Sahureka, ST. M.MT. yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubdis Juknis, Disinfolahta, Mabesal.

Latihan ini merupakan latihan perdana yang dilaksanakan TNI AL untuk mengenalkan konsep peperangan masa mendatang, yaitu peperangan siber (Cyber warfare). Tema dalam latihan ini adalah TNI AL melaksanakan Latihan Operasi Pertahanan Siber TNI AL dalam rangka mendukung tugas TNI AL.

Sasaran dalam Latihan Opshansiber ini adalah terbinanya pola pikir dan pola tindak dalam menyelenggarakan operasi siber dan terwujudnya cyber security awareness di lingkungan TNI AL.

Materi yang disampaikan dalam latihan ini meliputi konsep-konsep dasar kemampuan operasi siber yaitu, penangkalan siber (defensive aspect), penanggulangan siber (incident responsive aspect) dan perbantuan siber (supporting aspect). Latihan diakhiri dengan praktek kemampuan operasi siber melalui operasionalisasi infra struktur dan system teknologi informasi dan kominikasi di kotama masing-masing serta kaji ulang. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar