Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 12 Agustus 2021

Topang PMI Atasi Krisis Stok Darah, TNI AL Koarmada II Gelar Donor Plasma Konvalesen Dan Donor Darah Reguler


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) TNI Angkatan Laut melalui Koarmada II kembali memberikan upaya solusi bagi pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19. Krisis stok darah yang dialami PMI serta meningkatnya permintaan akan plasma konvalesen, akibat kembali melonjaknya kasus Covid-19 di Jawa Timur khususnya Surabaya, menjadi alasan utama digelarnya Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah Reguler di Panti Tjahaya Armada (PTA) Markas Koarmada II, Kamis (12/8).

“Kegiatan ini dilaksanakan atas perintah Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Dengan mengerahkan personel yang sudah pernah terpapar Covid-19 untuk bersedia menjadi donor plasma konvalesen guna pemenuhan kebutuhan plasma konvalesen dan stok darah reguler di PMI Jatim,” ujar Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) saat meninjau langsung pelaksanaan kegiatan di PTA bersama Ketua PMI Jatim H.Imam Utomo, didampingi Kadinkes Jatim, Ketua PMI Surabaya dan PMI Sidoarjo, pejabat utama Koarmada II, dan Ketua DJA II Ny. Dewi Iwan Isnurwanto.

Lebih lanjut Pangkoarmada II mengungkapkan jika kegiatan sosial ini berlangsung secara serentak di seluruh Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada II, juga seluruh jajaran TNI AL mulai dari Sabang hingga Merauke yang terpusat di Kolinlamil Jakarta. Maka untuk jajaran Koarmada II mentargetkan 699 kantong plasma konvalesen, dan 17.555 kantong darah reguler.

“Khusus di mako Koarmada II sendiri kita mentargetkan sebanyak 327 kantong plasma konvalesen, dan darah biasa sebanyak 500 kantong. Jumlah tersebut nantinya akan kita bagi dua untuk ketersediaan stok di PMI Surabaya dan PMI Sidoarjo,“ ungkap Laksda Iwan.

“Kalau untuk donor darah biasa langsung bisa diambil, tetapi untuk yang konvalesen hari ini adalah proses pengambilan sampel untuk di-screening dan hasilnya nanti akan dibawa ke PMI, di cek bagaimana validitasnya atau komposisisi yang memang diijinkan untuk digunakan. Selanjutnya akan diinformasikan dan apabila memenuhi syarat personel yang bersangkutan akan dipanggil untuk donor langsung (plasma konvalesen),” terang Laksda Iwan terkait prosedur untuk donor plasma konvalesen.

Menurut Laksda Iwan aksi donor plasma konvalesendan donor darah regular ini adalah salah satu bentuk totalitas dan peran Koarmada II dalam membantu percepatan penanganan Covid-19 bagi pemerintah pusat secara umum, dan pemerintah daerah khususnya JawaTimur. 

“Mengingatkan kembali, TNI  AL Koarmada II jika sebelumnya telah melaksanakan Serbuan Vaksinasi bagi masyarakat di pesisir hingga kepulauan terpencil yang merambah ke masyarakat kabupaten dan kotamadya. 

Selanjutnya kami juga mendukung oksigen gratis yang telah dilaksanakan di Jalajaya Surabaya, Lanal Banyuwangi dan Semarang. 

Salah satu kapal kita saat ini juga sudah dikirim ke Belitung untuk mendukung oksigen gratis. 

Selain itu banyak kegiatan sosial lainnya yang dilaksanakan TNI AL untuk percepatan penanganan Covid-19. 

Semoga kita bisa segera dibebaskan dari Covid-19,” tandas orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.

Di sisi lain Ketua PMI Jatim H. Imam Utomo menyambut positif kontribusi yang diberikan TNI AL Koarmada II terhadap kondisi yang dialami PMI di masa pandemi Covid-19. 

“Sangat sangat membantu untuk menyembuhkan Covid. Setiap hari saya selalu dihubungi untuk permintaan plasma. Tapi kita sulit menemukan donornya.Kita berharap lebih banyak yang akan mendonorkan plasma maupun darah, selain membantu sesama juga bisa menyehatkan tubuh,“ tutur Imam Utomo. (Dinas Penerangan Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar