Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 30 Januari 2022

Handal Hadapi Situasi Darurat, Prajurit Satuan Kapal Amfibi Koarmada II Ikuti Latihan Helly Crash Landing


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II menggelar latihan Helly Crash Landing untuk para prajuritnya, yang dilaksanakan di Pusat Penyelamatan Kapal Nuklir Biologi dan Kimia (Puspeknubika) Kodiklatal , pada Kamis (27/1).

Latihan yang digelar mulai dari tanggal 25 Januari hingga 27 Januari 2022 tersebut,  juga dilaksanakan di di KRI Makassar-590 yakni untuk sesi teori pengenalan tentang upaya penyelamatan yang harus dilakukan apabila sebuah helikopter yang akan mendarat di helipad kapal , mengalami kecelakaan atau jatuh.

Setidaknya  105 prajurit Satfib Koarmada II dari berbagai delapan unsur KRI menjadi peserta pelatihan tersebut, yakni  KRI Teluk Banten-516, KRI Teluk Ende-517, KRI Teluk Kupang-519, KRI Teluk Cendrawasih-533, KRI Teluk Sangkulirang-542, KRI Multatuli-561, KRI Makassar-590,dan  KRI Surabaya-591.

Adapun materi yang di berikan oleh Instruktur dari Puspeknubika dalam latihan Helly Crash Landing meliputi Pengarahan teknis drill latihan, Drill kering pelaksanaan Helly Crash Landing, Pelaksanaan drill basah yang di bagi menjadi tiga tim yang dimainkan oleh Tim Peserta secara bergantian.

Terpisah Komandan Satuan Kapal Ampibi (Dansatfib) Koarmada II Kolonel Laut (P) Imam Purwanto selaku Papelat mengatakan, bahwa Tujuan diadakan latihan ini untuk meningkatkan kemampuan, kemahiran dan keterampilan personel Unsur Satfib Koarmada II dalam menangani permasalahan Helly Crash Landing  sesuai prosedur yang benar.

”Latihan seperti ini akan terus dilaksanakan secara rutin guna meningkatkan kemampuan, dan profesionalisme bagi personel yang berdinas di KRI saat menghadapi kejadian darurat yang melibatkan helikopter. Latihan pun dilaksanakan sesuai disiplin protokol kesehatan, ”tegas Kolonel Imam Purwanto. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar