Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 13 Mei 2022

Kapolda Maluku Terima Kunjungan Pangkogabwilhan III


KABARPROGRESIF.COM: (Ambon) Kepala Kepolisian Daerah (Kpolda) Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menerima kunjungan kerja dari Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Kedatangan Pangkogabwilhan dalam kunjungan kehormatan (Courtesy Call) ini diterima Kapolda bersama para Pejabat Utama Polda Maluku. Pertemuan kedua pihak kemudian dilaksanakan di Rupatama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Rabu (11/5/2022).

Pangkogabwilhan saat menemui Kapolda Maluku tidak sendiri. Ia didampingi Koops AU III, Kapoksahli Pangkogabwilhan, Asrena, Asops, Aspotwil dan Paban I Renops Kogabwilhan III. 

Turut mendampingi juga yaitu Kasdam XVI/Pattimura, Danrem 151/Binaiya, dan Asops Kasdam Pattimura.

Kapolda Maluku yang menyambut hangat kedatangan rombongan Pangkogabwilhan III, mengaku pentingnya sinergitas dan soliditas TNI dan POLRI.

Menurut Kapolda, TNI dan POLRI merupakan sebuah Keluarga Besar. Dua institusi inilah yang memperkuat, dan mempererat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“TNI dan POLRI adalah wujud bahwa kita ini adalah ujung tombak. Karena tugas dan tupoksinya saja yang mungkin ada perbedaan tapi intinya bahwa kita ini melaksanakan tugas untuk melayani dan melindungi masyarakat demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Senada dengan Kapolda Maluku, Pangkogabwilhan III, I Nyoman Cantiasa, menyampaikan banyak terima kasih atas sambutan Kapolda bersama para Pejabat Utama Polda Maluku.

“Terima kasih karena telah memberikan waktu kepada kita untuk dapat berkunjung dan bersilaturahmi dan Pangkogabwilhan III mengaku bahwa setiap pejabat yang bertugas di sini merupakan orang pilihan untuk mengemban amanah dan tanggung jawab negara.

“Yang perlu kita ketahui adalah kita kita yang berada di sini adalah salah satu orang-orang pilihan oleh pimpinan untuk mengemban suatu amanat dan tanggung jawab yang diemban oleh kita sekalian. Yang mana Provinsi Maluku adalah salah satu wilayah tanggung jawab saya di bidang pertahanan,” katanya.

Nyoman Cantiasa menyampaikan bahwa Kogabwilhan III sendiri baru berdiri tahun 2019. Sehingga fasilitasnya pun masih terbatas.

”Tapi dari segi tugas, kita adalah tuntutannya. Kogabwilhan adalah perpanjangan tangan dari Panglima TNI yang membawahi Kodam XVI/Patimura, Kodam XVII/Cendrawasih, Kodam XVIII/Kasuari, Koarmada III di Sorong dan ditambahkan dengan Koopsud III di Biak,” jelasnya.

Selain melaksanakan tugas pokok sebagai penindakan awal dalam pemulihan dan menjaga situasi status keamanan di Wilayah Pertahanan III, Pangkogabwilhan juga berharap Kodam Pattimura terus menjaga sinergitas dengan Polda Maluku.

"Selalu menjaga kekompakan yang sudah lama terjalin ini,” pintanya. 

0 komentar:

Posting Komentar