Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 28 November 2017

Polda Jatim Tangkap Bandit Berkedok Ulama


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Aksi petualangan ketiga bandit perampasan perhiasan dengan berkedok ulama akhirnya terungkap.

Sudit III Jatanras Polda Jatim membekuk ketiga orang tersebut yang perbuatannya itu sempat viral di sosial media.

Mereka adalah YZ (50), warga Kraton Pasuruan berperan pura-pura bertanya kepada korban dan menarik paksa perhiasan berupa kalung milik korban, sedangkan YS (33), warga Kraton Pasuruan sebagai sopir mobil sekaligus mencari calon korban dan SS (57), warga Kejayan Pasuruan, yang berperan sebagai ulama atau kyai dan meminta korban menyerahkan perhiasan tersebut.

Barang bukti yang disita berupa pakaian ulama yang dipakai palaku saat melakukan aksi kejahatan, mobil sewaan Toyota, HP, 6 cincin emas dan uang tunai Rp 1 juta hasil kejahatan.

Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Agung Yudha Wibowo didampingi Kabid Humas Kombes Frans Barung Mangera dan Kasubdit Jatanras AKBP Boby mengatakan, ketiga pelaku berbagi peran dan setelah mendapat calon korban, pelaku YZ berpura pura bertanya alamat kepada calon korban.

Setelah itu, pelaku YZ mengenalkan korban kepada pelaku SS yang saat itu berpakaian dan berperilaku seperti ulama atau kyai yang ingin mendoakan korban. Kemudian korban diminta oleh pelaku berinisial SS untuk menyerahkan perhiasannya.

Seperti kena gendam, perhiasan cincin, kalung dan gelang yang dipakai korban diserahkan begitu saja kepada pelaku. Jika tidak berhasil, pelaku merampas perhiasan korban.

Pelaku melakukan aksi kejahatan di Jawa Timur seperti Trenggalek, Blitar, Nganjuk, Tulungagung, Lumajang, Ponorogo dan Malang serta Jember.

“Saya tapi tidak nggendam, karena saya hanya lewat omongan saja,” ujar SS salah satu tersangka yang berperan sebagai ulama ini. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar