Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 26 November 2017

Wali Kota Surabaya: Penyebab Utama Banjir adalah Tumpukan Sampah


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Pasca hujan lebat tadi malam yang mengakibatkan banjir di wilayah Surabaya barat membuat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini langsung melakukan pengecekan dan pembersihan gorong-gorong di sekitaran bundaran dolog jalan A.Yani pada Sabtu, (25/11/2017).

Menggunakan sepatu kebersihan berwarna ungu, wali kota yang ditemani kepala dinas PU Bina Marga Erna Purnawati memimpin langsung dan membersihkan gorong-gorong yang ada di sekitar jalan A.Yani depan taman pelangi, ketintang dan gayungan.

Dibantu alat berat, wali kota, OPD terkait, petugas dari satgas pematusan dan Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) melakukan pembersihan gorong-gorong secara bertahap. Terlihat Wali kota memerintahkan kepala dinas PU Bina Marga Erna untuk menyuruh anak buahnya mengambil beberapa alat kebersihan.

“Tolong ambilkan pacul dan glansing,” kata wali kota pagi tadi.

Wali kota sarat akan prestasi itu pun juga melakukan pembersihan di sela-sela selokan menggunakan sekrup dan mengangkat kotoran yang ada di dalam sungai.

"Ayo kabelnya diangkat terus dibersihkan kotorannya," ucap wali kota.

Usai memberi arahan kepada petugas, Risma kemudian berpindah tempat dan kembali memerintahkan petugas satgas untuk membersihkan selokan yang ada di seberang kantor pertanian ketahanan pangan.

“Ayo, itu segera dikeruk dan dibersihkan," perintahnya.

Bahkan, wali kota juga memimpin aksi pengerukan dengan memberi arahan kepada pengemudi kendaraan alat berat (bego) sesuai dengan ayunan tangannya.

"Sebelah kiri sama tengah yang dikeruk, masuk agak ke dalam biar keangkat semua kotorannya," pinta perempuan yang baru saja merayakan ulang tahun beberapa hari kemarin.

Tidak lama kemudian, wali kota berpijak ke depan sungai yang letaknya tak jauh dari lokasi. Sembari menenteng handy talkey, wali kota memantau dan berkomunikasi dengan beberapa petugas terkait pembersihan kali.

"Kebersihan sini, naikkan itu (kotorannya) pakai jaring sama garukan sampah," tegasnya. 

Lebih lanjut, di kali dekat gayungsari, wali kota meminta kepada petugas satgas dan DKP untuk membuka pintu air agar petugas bisa masuk ke dalam kali dan membersihkan kotoran yang ada di dalam kali.

"Diturunkan permukaannya, biar anak anak bisa turun, karena itu pasti ada yang buntu,” ujar Risma kepada salah seorang petugas kebersihan.

Sembari duduk dan mengawasi anak buahnya membersihkan kali, Risma menuturkan kepada awak media bahwa curah hujan yang turun tadi malam sangat deras dan mengakibatkan banjir. Banjir itu, lanjut wali kota, disebabkan karena banyaknya sampah yang menumpuk sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar.

“Biasanya kalau hujan deras itu kekuatannya 90 meter kibik, tapi tadi malam hampir 124 meter kibik, itu super lebat,” terangnya.

Ditanya soal banjir yang kemudian mengakibatkan kemacetan cukup parah di daerah benowo, tandes dan sememi, wali kota menegaskan bahwa saluran di wilayah sememi belum jadi.

“Insyaalah kalau sudah jadi seperti wilayah yang ada di banyu urip,” tutur wali kota perempuan pertama di Surabaya.

Dikatakan wali kota, saluran yang ada di jalan banyu urip sebelumnya dikerjakan oleh pemerintah pusat, namun tiba-tiba pembangunan berhenti selama 2 tahun. Pemkot, kata dia, hanya menunggu dan tidak bisa melakukan apa-apa, tetapi akhirnya pemkot tetap mengusahakan agar pembangunan saluran terus berjalan.

“Kalau tidak diteruskan kan, kasihan warga sekitar dan seandainya pembangunan saluran di banyu urip jalan terus, insyallah sudah kelar itu,” pungkasnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar