Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 28 Desember 2018

296 Siswa Dikmaba XXXVIII/1 Kodikdukum Kodiklatal Jalani Orientasi


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Setelah lima bulan ditempa di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Kodiklatal) yang berlokasi di  Juanda, Sidoarjo, sebanyak 296 orang siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan ke-38 gelombang 1 yang berada di bawah Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal jalani orentasi masuk Pendidikan Kejuruan. Pembukaan orientasi yang dihelat dilapangan Apel Kodikdukum Kesatrian Bumimoro Kodiklatal tersebut dipimpin langsung Komandan Kodikdukum Kodiklatal Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan.

Hadir dalam pembukaan tersebut Wadan Kodikdukum, para Komandan Pusdik dijajaran Kodikdukum diantarnya Komandan Pusdiktek, Komandan Pusdikbanmin, Komandan Pusdiklek, Komandan Pusdikkes, Komandan Pusdikpomal dan Komandan Puspeknubika, selain itu hadir juga para Kabag dan Kama Kodikdukum Kodiklatal

Dari 296 orang tersebut, akan disebar di lima Pusdik berbeda di bawah Kodikdumum diantaranya Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) mendidik siswa terbanyak yakni 134 orang terdiri kejuruan Tata Usaha (TTU) 30 orang, Keuangan (Keu) 29 orang, Perbekalan 19 orang, Tata Graha 15 orang,  Jasmani  28 orang dan Musik  13 orang.

 Diurutan kedua Pusat Pendidikan  Kesehatan (Pusdikkes) yang mendidik 62 orang siswa dengan kejuruan Asisten Para Medis (APM). Urutan berikutnya Pusat Pendidikan Elektro (Pusdiklek) mendidik 49 orang siswa terdiri kejuruan (Elektronik Deteksi  (Ede) 10 orang, Elektronik Kendali (EKL) 20 orang, Elektronika Senjata (Esa) 10 orang dan Pengolah Data Komputer (PDK) 9 orang.

Pusdik lainya adalah Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) mendidik 31 orang terdiri kejuruan Mesin 11 orang, kejuruan Listrik 10 orang dan Pekerjaan Umum (PKU) 10 orang. Sedangkan Pusdik yang paling sedikit mendidik siswa adalah Pusdik Polisi Militer (Pomal) yang hanya mendidik 20 orang siswa kejuruan Polisi Militer.

Dalam kesempatan tersebut Dankodikdukum Kodiklatal Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menempuh pendidikan dasar keprajuritan di Puslatdiksarmil Juanda sekaligus mengucapkan selamat datang di Kodikdukum Kodiklatal sebagi tempat pendidikan dasar golongan, kejuruan dan pengembangan profesi.

Pamen melati tiga di pundak ini mengingatkan bahwa mulai saat ini para siswa akan menimba ilmu kejuruan dan profesi dibeberapa Pusdik dibawah Kodikdukum sebagai bekal dalam penugasan di tempat yang baru. Kepada para siswa, dirinya berharap agar selama menempuh pendidikan, para siswa mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan moral yang baik serta kesamaptaan jasmani agar bisa menyelesaikan pendidikan kejuruan tepat waktu.

“Hindari perbuatan yang justru merugikan kalian sendiri seperti pelanggaran disiplin, tindak pidana maupun perdata antara lain perjudian, pencurian penipuan, pemakaian narkoba dan tindak asusila,” tegas Pamen melati tiga di pundak ini. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar