Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 17 Desember 2018

Kasus Kebakaran di Kota Surabaya Sepanjang 2018 Meningkat


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Dinas Kebakaran (Damkar) Kota Surabaya menyebut jumlah kasus kebakaran sepanjang 2018 meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya.

" Sepanjang 2018 tercatat ada 800 kasus kebakaran, sedangkan tahun sebelumnya sekitar 600 kejadian." kata Plt Kepala Dinas Kebakaran, Irvan Widyanto, senin (17/12).
   
Untuk itu, pihaknya terus mengimbau dan melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat Surabaya, utamanya mereka yang tinggal di kawasan padat penduduk.
   
" Kami terus lakukan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran dan tanggap kepada warga saat menghadapi kejadian kebakaran." katanya.
   
Selain itu, lanjut dia, Damkar juga menggelar simulasi kejadian kebakaran di perkampung padat penduduk yang letaknya berada di tepi jalan besar dengan menggunakan mobil damkar jenis bronto 55 dan bronto 104. Simulasi terakhir digelar di Kampung Embong Malang, Surabaya, pada Sabtu (15/12).
   
Tujuan dari simulasi untuk mengetahui seberapa jauh jangkauan alat ketika terjadi kebakaran di dalam perkampungan penduduk yang memiliki karakteristik berada di jalan besar.
   
" Kami akan hitung semua jangkauan menuju perkampungan dan seberapa cepat petugas tiba di lokasi untuk bisa melakukan penanganan mulai kedatangan, persiapan memasang alat hingga eksekusinya." ujarnya.
   
Selain melakukan simulasi, Irvan juga berkoordinasi sekaligus mengimbau warga, lurah dan camat untuk membongkar gapura dan kabel-kabel yang melintang secara tidak teratur.
   
Menurutnya, hal itu menghambat mobil damkar serta kerja petugas melakukan evakuasi saat terjadi kebakaran.

" Saya sampaikan pemahaman agar warga sadar masalah kecil semacam ini. Lebih mementingkan harta atau nyawa?." kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Satpol PP Surabaya itu. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar