Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 24 Mei 2018

Pamit, Konsul Jenderal Amerika Serikat Hadiahkan Buku Untuk Wali Kota Risma


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Masa tugas Konsul Jenderal Amerika Serikat Heather Variava akan berakhir di Kota Surabaya. Kamis pagi, (24/5/2018) dirinya berpamitan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sekaligus mengucapkan belasungkawa atas kejadian bom yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Saya pamit dan mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan Wali Kota Risma dan Pemkot Surabaya dalam menjalin hubungan kerjasama maupun program yang telah disusun konsulat Amerika untuk Surabaya selama ini,” kata Heather seusai acara di lobby balai kota.

Menurutnya, hubungan antara Amerika Serikat di Surabaya sangat baik. Hal itu dibuktikan dengan beberapa jalinan kerjasama antara kedua negara seperti pertukaran pelajar dan program pelatihan bagi generasi muda.

“Lebih spesifiknya di bidang pendidikan, pertukaran budaya, enterpreneurship, sains dan teknologi,” jelasnya.

Dia juga optimis, siapa pun orang yang akan menggantikan posisinya akan mampu menjaga hubungan serta meningkatkan kerjasama dengan Kota Surabaya secara maksimal dan efisien.

Sebagai tanda penghormatan dari kedua negara, Wali Kota Risma memberi hadiah lukisan berupa wajah Heather yang digarap oleh anak-anak Liponsos Kalijudan. Terlihat bagaimana raut wajah senang dan gembira saat menerima lukisan tersebut.

“Ini lukisan yang sangat cantik dan indah bagiku,” ungkapnya.

Sedangkan Heather memberi dua buah buku kepada Wali Kota Risma. Satu buku tentang negara bagian asalnya Iowa dan satu buku tentang makanan khas Amerika. Alasan memberi buku kuliner kepada wali kota Risma karena dirinya sangat menyukai kuliner.

Ditanya apa makanan favorit selama bertugas di Surabaya, dia mengaku sulit untuk menjawab namun ada beberapa pilihan makanan yang menurutnya paling enak. “Saya sangat suka Rawon dan Soto,” jawabnya sambil tersenyum.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini turut mengucapkan banyak terima kasih kepada Heather atas perannya yang dinilai sukses dalam menjalankan hubungan kerjasama di beberapa bidang antara Kota Surabaya dan Amerika Serikat.

“Peran anda selama bertugas di sini sangat baik dan care terhadap keanekaragaman yang ada di Surabaya,” tutur Wali Kota Risma. 

Rekam jejak Heather sebagai konsul jenderal AS terbilang sarat akan pengalaman. Sebelum ditugaskan di Surabaya, dia pernah menjabat sebagai Direktur Kantor di Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Maladewa serta Bhutan pada Biro Urusan Asia Tengah dan Selatan Departemen Luar Negeri AS. Setelah ini, Heather akan ditugaskan di Jakarta. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar