Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 02 Februari 2022

Jaga Hubungan Diplomatik Dengan Cyprus Navy, KRI SIM-367 Gelar Passage Exercise


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Dalam port visit perdana KRI Sultan Iskandar Muda-367 di Limassol Cyprus, kapal perang dari unsur Satuan Kapal Eskorta Koarmada II yang tengah mengemban misi sebagai Satgas MTF (Maritime Task Force) TNI KONGA XXVIII-M/UNIFIL ini menggelar Passage Exercise (Passex) dengan Kapal Perang Angkatan Laut negara Cyprus, di Perairan Teritorial Cyprus pada Selasa (01/02).

Passex antara kedua Angkatan Laut ini merupakan hasil dari mutual arrangement berdasarkan permintaan dari Commander of Cyprus National Guard, yaitu Lieutenant General Demokritos Zervakis ketika Komandan KRI SIM-367 Letkol Laut (P) Abdul Haris bersama dengan Atase Pertahanan RI di Roma, Italia Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek melaksanakan Courtesy Call di Headquarter of Defence Ministry, Nicosia Cyprus.

Setelah lepas tali dari Dermaga Limassol Cyprus, KRI SIM-367 dan CNS IOANNIDES P-61 melaksanakan radio check sambil berlayar menuju ke titik RV (Rendezveous). Selanjutnya kedua kapal bertemu dan melaksanakan rangkaian Passage Exercise (Passex) yang meliputi Latihan Miscex 831 (Advanced Maneuvering Exercise), Navcomex 202 (Flashing Exercise), dan Electronic Warfare Exercise 230 (Communication Jamming Exercise). Rangkaian Passex diakhiri dengan salute formation, kedua kapal saling membunyikan gauk panjang tanda penghormatan.

Menurut Komandan KRI SIM, kegiatan tersebut selain menguji kemampuan dan profesionalisme, juga befrtujuan  mempererat hubungan diplomatik kedua negara. 

“Sesuai dengan arahan pimpinan tertinggi TNI Angkatan Laut, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, agar dimanapun KRI ditugaskan untuk selalu melaksanakan latihan dengan kapal perang negara sahabat apabila berkunjung atau berlayar bertemu di laut, “ terang Haris, sapaan karibnya. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar