Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 14 Februari 2014

HADAPI BENCANA ALAM, GARTAP III/SBY GELAR APEL GABUNGAN TNI-POLRI


KABARPROGRESIF.COM : Apel Gabungan TNI-Polri dalam rangka kesiapsiagaan penang-gulangan bencana alam digelar Gartap III/Surabaya. Mayjen TNI Ediwan Prabowo, S.I.P. selaku Dangartap bertindak sebagai penerima apel yang dilaksanakan pada hari Kamis (13/2) di Lapangan Makodam V/Brawijaya.

Pasukan apel berasal dari TNI, Polri dan non militer yang berjumlah sekitar 3.270 orang ini berada dibawah komando Letkol Mar Irfan Surya Ali. Dalam kegiatan apel ini juga disertakan material yang terdiri dari Motor Patwal, Truck, Perahu Karet/LCR, Ambulance, Dump Truck, Mobil Durlap, Mobil SAR (Polri), Mobil Basarnas, Mobil toilet, Mobil PMK dan Exavator. Adapun tema dalam apel gabungan ini adalah ”TNI-POLRI siap membantu rakyat dalam menghadapi dan mengatasi bencana”.

Pada saat ini negara kita dalam status waspada bencana, karena hampir seluruh wilayah negara kita mengalami bencana banjir dan tanah longsor. Tak terkecuali wilayah Jawa Timur juga mengalami bencana banjir dan tanah longsor. Mulai dari Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Jombang, Madura, Pasuruan, Probolinggo dan Situbondo. Bencana Banjir ini sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat, karena banyak sarana jalan yang terputus dan rusak sehingga menghambat pengiriman bantuan kekorban bencana. Gunung Kelud di Kediri akhir-akhir ini juga menunjukkan aktifitasnya sehingga dinaikkan statusnya menjadi waspada karena mengalami erupsi dan mulai  mengeluarkan lahar dingin.

Dalam amanatnya, Dangartap III/SBY menyampaikan kepada para Komandan Satuan TNI-POLRI untuk senantiasa siap dan bertekad membantu menanggulangi bencana alam untuk dapat meringankan penderitaan rakyat. Laksanakan koordinasi dengan semua instansi terkait dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) tingkat Provinsi maupun Kabupaten,  jalankan tugas  kemanusiaan ini dengan tulus dan ikhlas karena rakyat sangat mengharapkan bantuan dan perlindungan dari saudara-saudara.

Disamping itu, Jenderal Bintang dua penerima Adi Makayasa ini memberikan beberapa pesan antara lain : Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan  Yang  Maha  Esa agar kita selalu mendapatkan bimbingan dan petunjuk-Nya dalam melaksanakan tugas yang akan datang. Kedua, Tingkatkan kemampuan penguasaan wilayah dan selalu mengupdate perkembangan situasi tentang bencana yang terjadi di wilayah kalian. Ketiga, Tingkatkan kewaspadaan dan ketanggapsegeraan dalam melaksanakan bantuan pertolongan terhadap korban bencana alam dan terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan dari kita. Keempat, Adakan kegiatan evaluasi terhadap kekurangan-kekurangan dan kelemahan-kelemahan dalam pelaksanaan tugas membantu korban bencana alam, cari solusinya  sehingga dapat memperbaiki pelaksanaan tugas yang akan datang.

Hadir dalam apel gabungan ini antara lain Pangkotama TNI Wilayah Surabaya, Pejabat Polda Jatim, Kasgartap III/Surabaya, Kasdam V/Brawijaya dan  Para Komandan Satuan. (*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar