Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 20 Februari 2014

Presiden Minta Kepastian Terkait Letusan Susulan Gunung Kelud Dari Kepala Badan Geologi ESDM


KABARPROGRESIF.COM : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tiba di posko pengungsi kedua yang dikunjunginya di Kediri Jawa Timur yaitu Posko Badan SAR Nasional, Wates Kediri pukul 14.20 WIB. Di Posko ini Presiden berdialog dan mendengarkan pemaparan mengenai letusan Gunung kelud langsung dari Kepala Badan geologi ESDM Surono.

Turut hadir dalam pemaparan tersebut  Kapolda Jatim Irjenpol Unggung Cahyono, Pangdam Brawijaya Mayjen TNI R.Ediwan Prabowo, Bupati Kediri Hariyanti Soetisno, Kepala Basarnas , Gubernur Jatim Soekarwo, Menkes Nafsiah Mboi, Menteri Lingkungan Hidup Balthazar Kambuaya, dan Kapolri Jenderal Sutarman.

Jumlah Pengungsi di Posko Badan SAR Nasional Wates, Kediri ini mencapai 400 Jiwa. Mereka menghuni 16 tenda pengungsian. Pada Kesempatan ini Presiden bersama sama dengan Relawan BNPB menikmati jamuan makan siang yang sangat sederhana, yaitu Makanan kaleng siap saji. Seusai makan siang Presiden mendekati dan menyapa para pengungsi  "titip salam buat keluarga. Baik baik ya" sapa Presiden SBY kepada pengungsi di posko ini.

Sebelum Kepala Badan geologi ESDM Surono menyampaikan paparannya, Presiden SBY menyampaikan sambutan kecil. Presiden beserta rombongan telah menempuh perjalanan darat selama lebih dari sebelas jam. Dengan rangkaian kunjungan dan istirahat di beberapa stasiun Kereta Api. Presiden juga telah mendengarkan laporan aparat Pemerintah Daerah setempat serta jajaran Polri mengenai penanganan bencana dan upaya tanggap darurat yang telah dilakukan. Baik di wilayah Kediri, Blitar maupun Malang. “Saya datang ingin lihat langsung kondisi. Kita utamakan dulu untuk mendengar laporan kepala BNPB dan kepala Geologi ESDM Mbah Rono, Mulai dari Cirebon dan Yogyakarta saya sudah lihat langsung dampaknya, Key question saya, apa pola dan perlilaku Gunung Kelud kedepannya ? Apakah akan ada letusan atau aktivitas susulan?” Tanya Presiden dalam sambutan kecilnya

Pertanyaan Presiden itu mendasari upaya mencari solusi atas berbagai masalah yang timbul akibat dampak letusan Gunung Kelud Kamis 13/2 lalu, Presiden beserta rombongan selalu berupaya merumuskan langkah penanganan yang lebih tepat sesuai dengan kondisi terkini di lapangan. (*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar