Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 11 Februari 2014

KODAM V/BRW BERI BANTUAN KE KORBAN BANJIR DI SITUBONDO


KABARPROGRESIF.COM : Bencana banjir yang menimpa Situbondo, mendapat perhatian serius dari TNI khususnya Kodam V/Brawijaya untuk ikut meringankan beban penderitaan masyarakat yang terkena musibah bencana. Dalam hal ini Kodam V/Brawijaya bersama Bapak Bambang dari  PT. Semen Indonesia, ikut membantu korban bencana dengan memberikan bantuan sembako. Bantuan sembako yang di serahkan kepada para korban pasca bencana banjir kali ini sebanyak 2000 paket. Bantuan sembako diserahkan oleh Pangdam V/Brawijaya pada hari Minggu (9/2).

Bencana banjir beberapa waktu di Situbondo telah mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Bukan saja harta benda, tetapi juga telah menghancurkan berbagai sarana prasarana yang sangat dibutuhkan masyarakat. Oleh sebab itu Kodam V/Brawijaya selalu siap untuk memberikan dukungan dan bekerjasama dengan unsur-unsur terkait dalam menfasilitasi  penyaluranan bantuan dengan niat baik tanpa ada unsur politik.

Selanjutnya kita semua patut bersyukur bahwa sesuai dengan perjalanan waktu, saat ini banjir mulai berkurang, walaupun potensi ancaman masih tetap ada. Oleh karena itu, untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Saya memerintahkan Dandim  Situbondo beserta satuan jajarannya, untuk selalu siaga dan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan  lembaga-lembaga terkait lainnya. Hal itu kita lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan ancaman bahaya susulan yang mungkin terjadi.

Pada kesempatan itu, Pangdam juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bambang sebagai wakil dari PT. Semen Indonesia yang telah bersama-sama dengan Kodam V/Brawijaya membantu korban bencana banjir. Saya berharap kerjasama tersebut, dapat terus dilanjutkan di masa yang akan datang.

Perayaan Tahun Baru Imlek 2565 yang diselenggarakan masyarakat Tionghoa di Jawa Timur terlihat berbeda karena diperingati dengan menyelenggarakan seminar bertajuk “Pemantapan Wawasan Kebangsaan Jilid II”. Seminar dilangsungkan di Gedung Srijaya Jl Mayjen Sungkono Surabaya pada hari Minggu (2/2/14).

Dalam seminar ini menghadirkan pembicara antara lain Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Ediwan Prabowo, S.IP, Pakar dan akademisi hukum Prof. Dr. Marwan Efendi, S.H., Prof. Dr. Tjipta Lesmana, MA dan Surya Dharma Paloh. Peserta yang berjumlah kurang lebih 600 orang ini terdiri dari Asosiasi Advokat Indonesia, Para pengusaha Jatim, Akademisi/Dosen, Forpimda Jatim, Instansi pemerintah/swasta Jatim yang terkait. Selain itu, juga mengundang beberapa tokoh-tokoh nasional seperti mantan Kasad Jendral TNI AD (purn) R Hartono dan mantan Kejati Jatim Marwan Efendi.

Mayjen TNI Ediwan Prabowo juga menyampaikan beberapa penekanan antara lain: Pertama, TNI akan mengawal Pancasila sampai titik darah penghabisan. Kedua, dengan semangat persatuan dan kesatuan, Bangsa Indonesia mampu menghadapi tantangan yang sudah ada di depan mata antara lain terorris, separatisme, korupsi, kolusi dan nepotisme. Ketiga, perlu kedewasaan dalam berpolitik, berbangsa dan bernegara. Keempat, sistim pertahanan yang kuat dicerminkan oleh kecintaan warga negara terhadap negaranya.

Bangsa kita merupakan bangsa yang sangat besar dengan mengedepankan perjuangan dan nilai-nilai luhur yang sangat tinggi. Pangdam berharap generasi muda lebih mencintai negeri sendiri daripada bangsa lain. “Bila pemuda kita menanamkan jiwa patriotisme, maka pertahanan bangsa ini akan lebih kuat. Generasi muda merupakan pilar bangsa, generasi penerus yang mempunyai tantangan ke depan, serta harus lebih banyak menghargai nilai perjuangan pahlawan yang memberi kemerdekaan,” tambah Jenderal bintang dua ini.

Disamping itu, Pangdam juga mengapresiasi prajurit TNI bersama tim tanggap bencana (Tagana) yang berhasil mengevakuasi 14 korban longsor di Jombang dengan waktu yang cukup singkat. Tak lupa Pangdam juga melakukan tali asih dengan memberi penghargaan dan bantuan kepada veteran perang. (*/arf)

0 komentar:

Posting Komentar