Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 26 Oktober 2021

Kasal Pimpin Tupdik Dikmaba dan Dikmata TNI AL Satdik 1 Tanjung Uban


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.,  secara resmi menutup program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angatan XLI TA 2021 Satuan Pendidikan (Satdik) 1 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Selasa, (26/10/2021).

Penutupan pendidikan tersebut diikuti oleh 245 orang siswa Satdik 1 Tanjung Uban, yang terdiri dari 100 orang Dikmaba dan 145 orang Dikmata TNI AL Angatan XLI. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Komandan Sekolah Bintara (Danseba) Satdik 1 Letkol Mar Endik Catur S., S.H. 

Usai mengikuti tupdik, para Bintara dan Tamtama remaja ini selanjutnya berdinas di beberapa Kapal perang Republik Indonesia (KRI) maupun Staf yang berada dibawah Koarmada I.

Acara penutupan pendidikan dimeriahkan dengan demo dari siswa Dikmaba dan Dikmata Satdik 1 Tanjung Uban, berupa demo Kolone Senapan, demo bongkar pasang senjata laras panjang dan laras pendek dengan mata tertutup, demo pluit khas TNI AL serta demo bela diri militer.

Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat, Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Titi Nurhidayat, Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M. 

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P. Danlantamal IV Tanjung Pinang Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa jatidiri Tentara Nasional Indonesia sebagai komponen utama pertahanan negara adalah tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional. 

Prajurit TNI AL merupakan prajurit yang terlatih, terdidik, dan pantang menyerah, rela berkorban jiwa dan raga dan berbakti kepada Ibu pertiwi, Prajurit matra laut selalu gigih mengatasi segala bentuk ancaman bangsa dan senantiasa mengawal Indonesia tumbuh, serta bersama rakyat mengabdi menuju Indonesia tangguh.

Menurut Kasal upacara ini sebagai tanda selesainya pendidikan pertama bintara dan tamtama TNI AL Angkatan ke-41 Tahun 2021, juga sebagai pengakuan serta penghargaan TNI AL terhadap keberhasilan para prajurit dalam menjalani pendidikan di Satdik 1 Kodiklatal Tanjung Uban Kepulauan Riau.

“Atas nama pribadi dan TNI AL, saya mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan kalian menjadi bintara dan tamtama dengan pangkat Sersan Dua dan Kelasi Dua,” Jelas Kasal.

Lebih lanjut disampaikan bahwa peristiwa ini merupakan keberhasilan pertama para prajurit dalam menghadapi medan tugas sebagai personel TNI AL. 

Namun perlu diingat bahwa kedepan tantangan bangsa Indonesia semakin besar, sehingga tugas dan tanggung jawab kita semua sebagai prajurit matra laut akan semakin meningkat. (PenKodiklatal)

0 komentar:

Posting Komentar