Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 23 Oktober 2022

Baksos Layanan Terintegrasi Digelar Minggu, Wali Kota Eri Cahyadi Ingin Banyak Diakses Warga



KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Layanan Terintegrasi di Jalan Sambisari I, Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep Surabaya, Minggu (23/20) pagi. 

Baksos kali ini digelar di hari Minggu agar lebih efektif dan dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan telah meminta jajarannya di 31 kecamatan agar kegiatan Baksos Layanan Terintegrasi digelar di hari Minggu. 

Karena sebelumnya, kegiatan Baksos ini biasa digelar saat hari kerja atau Senin hingga Sabtu.

"Saya minta diubah di hari Minggu. Kalau awalnya hari biasa efektif, saya minta di hari Minggu. Karena apa? Kalau di hari Minggu akan lebih bermanfaat dan banyak yang menggunakan," kata Wali Kota Eri Cahyadi selepas membuka kegiatan Baksos di wilayah Kelurahan Lontar Surabaya.

Oleh sebabnya, Wali Kota Eri Cahyadi menginginkan agar ke depan seluruh kecamatan di Surabaya dapat menggelar Baksos Layanan Terintegrasi di Hari Minggu. 

Rencananya, layanan Baksos di hari Minggu ini akan digelar rutin sebulan sekali.

"Jadi di 31 kecamatan nanti digelar setiap satu bulan sekali di hari Minggu. Nanti kita akan evaluasi terus di masing-masing kecamatan," terangnya.

Dalam giat baksos di wilayah Kelurahan Lontar ini, Pemkot Surabaya menyediakan sejumlah pelayanan. Mulai dari pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pelayanan Perangkat Daerah (PD), konsultasi KB, informasi ketenagakerjaan, layanan IMB dan SKRK, layanan kesehatan, administrasi kependudukan (adminduk) hingga stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Jadi terintegrasi dengan rumah sakit, juga dinas-dinas lainnya terutama PBB yang sekarang ini ada program penghapusan denda. Sehingga masyarakat tak perlu jauh-jauh ke pemkot atau ke bank, cukup ke tempat kita melakukan baksos terintegrasi," papar dia.

Wali Kota Eri Cahyadi juga mengungkapkan, pihaknya bersinergi dengan sejumlah rumah sakit dalam menyediakan layanan kesehatan. 

Seperti di antaranya Rumah Sakit Bhayangkara yang menyediakan layanan mobile Poli Gigi.

"Alhamdulillah, kita dengan rumah sakit bersinergi, ada dari Rumah Sakit Bhayangkara. Inilah yang saya inginkan di Surabaya, jadi satu bagian, semuanya bermanfaat," tuturnya.

Di tempat yang sama, Camat Sambikerep Kota Surabaya, Iin Trisnoningsih menerangkan, bahwa ada 18 PD yang terlibat dalam Baksos Layanan Terintegrasi di wilayah Kelurahan Lontar. 

Selain melibatkan PD di lingkungan pemkot, giat Baksos juga menyediakan layanan kesehatan seperti Poli Umum dan Gigi.

"Ada 18 PD yang bergabung. Sehingga warga yang membutuhkan pelayanan bisa langsung datang ke tempat Baksos dan hari ini dilaksanakan hari Minggu," kata Iin Trisnoningsih.

Iin menyatakan, bahwa Baksos Layanan Terintegrasi sengaja digelar di hari Minggu sebagaimana menindaklanjuti instruksi Wali Kota Eri Cahyadi. 

Hal itu diharapkan agar semakin banyak masyarakat yang dapat mengakses pelayanan tersebut.

"Jadi, bagi warga yang mungkin pada hari kerja tidak dapat mengakses layanan karena yang bersangkutan bekerja, hari ini bisa terlayani. Jadi mulai hari ini dan selanjutnya, Baksos dilaksanakan di hari Minggu," ungkap dia.

Di samping menyediakan sejumlah pelayanan, dalam kesempatan itu pemkot juga menyerahkan bantuan kursi roda kepada masyarakat. 

Bantuan sejumlah kursi roda ini diserahkan langsung oleh Wali Kota Eri Cahyadi.

0 komentar:

Posting Komentar