Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 13 Februari 2023

Babinsa Ujung Tombak Sishamkamrata, Menhan RI Prabowo Subianto Beri Pengarahan Kepada 2.200 Babinsa Kodam V/Brawijaya


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A. hadir dalam acara pengarahan Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Pur) H. Prabowo Subianto di Grand City Convention Hall Surabaya, Senin (13/2/2023).

Dalam sambutannya, Pangdam V/Brawijaya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Letjen (Purn) Prabowo Subianto atas berkenannya mengunjungi Kodam V/Brawijaya dan telah memberikan bantuan Randis Motor serta dapat secara langsung bertatap muka dengan Babinsa.

Hal ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi prajurit di jajaran Kodam V/Brawijaya.

Acara tersebut diikuti oleh 2.200 Babinsa jajaran Kodam V/Brawijaya. Dalam arahanya, Menhan RI menyampaikan bahwa wilayah Jatim merupakan Baromeret atau Rohnya Negara Indonesia, karena selain Jawa Timur mempunya letak geografi yang sangat startegis, terdapat pula pangkalan-pangkalan militer dan industri yang bernilai sangat strategis.

Dalam kesempatan itu, Menhan RI mengungkapkan bahwa pada awal jabatanya menjadi Menhan, Presiden Joko Widodo memerintahkan agar segera menyusun rencana pertahanan jangka panjang.

Tentunya Menhan RI langsung menyusun rencana jangka panjang pembangunan TNI kurun waktu 25 tahun untuk membangun kekuatan TNI yang dapat disegani di seluruh dunia.

“Saya bertekad terus membangun dan memodernisasi  Alutsista TNI dan akan memperkuat sitem pertahanan Indonesia (Sishamkamrata) dengan memberdayakan satuan Komando Teritorial yang menjadi tulang punggung TNI AD di wilayah dengan menjadikan Babinsa sebagai ujung tombak dalam mempertahankan kedaulatan wilayah NKRI.

Pada kesempatan yang sama, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto menegaskan, TNI harus bisa berdiri diatas kekuatannya sendiri sehingga perlu memberdayakan satuan Teritorial atau satuan kewilayahan, dan kedepannya satuan Kodim akan dibentuk sejumlah Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia dan Kodam akan dibangun sebanyak jumlah Provinsi yang ada di Indonesia.

Sehingga kekuatan pertahanan kita semakin kuat, ditambah lagi dengan dibentuknya Batalyon Komponen Cadangan (Komcad) yang secara langsung dibawah komando kendali para Dandim sehingga akan menjadi tambahan kekuatan bagi TNI.

Selepas memberi pengarahan kepada Babinsa, Menhan RI memberikan bantuan secara simbolis berupa 100 motor Tril untuk Babinsa Kodam V/Brawijaya.

Bantuan ini diberikan dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pokok Babinsa di daerah masing-masing.

“Nantinya semua Babinsa akan dapat, hari ini hanya seremonial saja, saya yakin mobilitas Babinsa sangat tinggi dengan ini dapat membantu dalam melaksanakan tugas-tugas mereka,” ujarnya.

"Kalau kendaraannya tidak bagus terus bagaimana. Dan yang akan datang kita juga akan memberikan dukung kepada setiap Danramil berupa 1 unit kendaraan dinas mobil Jeep buatan lokal atau buatan Indonesia, sebagai bentuk support kepada para prajurit di satuan Komando Teritorial,” imbuh Prabowo.

Turut hadir, Kasdam V/Brawijaya, Irdam V/Brawijaya, Para Danrem, PJU Kodam V/Brawijaya, para Dandim jajaran Kodam V/Brawijaya dan para Danramil dari jajaran Kodim sewilayah Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo.

0 komentar:

Posting Komentar