Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 12 Mei 2023

Kota Surabaya Masuk Nominasi 3 Besar di Kompetisi PHBS dan LBS Tingkat Provinsi Jatim


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Surabaya Rini Indriyani menyambut hangat kedatangan Tim Penilaian Pelaksana Terbaik PKK Sehat Lestari Berencana Kategori PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dan LBS (Lingkungan Bersih) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023, di Kelurahan Balongsari, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, Kamis (11/5).

Pada kesempatan tersebut, Kelurahan Balongsari, Kecamatan Tandes Kota Surabaya berhasil masuk nominasi tiga besar di ajang Pelaksana Terbaik PKK Sehat Lestari Berencana Kategori PHBS dan LBS Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023. 

Ketua TP PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani menyampaikan bahwa Pemkot Surabaya bersama Perangkat Daerah (PD), PKK, serta masyarakat saling bersinergi dalam penerapan PHBS dan LBS dalam kehidupan sehari-sehari.

“Saya ucapkan selamat kepada Kelurahan Balongsari, mudah-mudahan ini bisa diikuti oleh kelurahan lainnya, karena PHBS ini merupakan salah satu upaya dalam penurunan stunting. Mudah-mudahan kita bisa mendapat juara dan mewakili provinsi untuk ditingkat pusat,” kata Rini.

Rini Indriyani berharap seluruh jajaran Pemkot Surabaya dapat menjaga kekompakan dan keguyuban bersama masyarakat Kota Pahlawan. 

“Salah satu unsur penilaiannya adalah keikutsertaan masyarakat. Bisa kita lihat, ada karang taruna dan generasi mudanya. Serta, ada anak-anaknya yang menjelaskan PHBS melalui dongeng, itu adalah salah satu yang luar biasa,” ujarnya.

Karenanya, ia mengapresiasi warga Kelurahan Balongsari Surabaya. Sebab, penerapan PHBS dan LBS tersebut telah dilakukan sejak lama. 

Bahkan, sebelum masuk kedalam nominasi tiga besar Pelaksana Terbaik PKK Sehat Lestari Berencana Kategori PHBS dan LBS Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.

“Warga ini sudah kompak tanpa lomba, jadi tanpa adanya lomba dia sudah berjalan. Tipsnya adalah menjaga kekompakan karena PKK punya peran menggerakkan masyarakat dan warganya. Alhamdulillah terima kasih untuk semuanya, khususnya di Kelurahan Balongsari sudah bertahan dengan kekompakan dan guyub rukunnya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilaian Pelaksana Terbaik PKK Sehat Lestari Berencana Kategori PHBS dan LBS Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023, Reti Andini menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan peninjauan di tiga lokasi. 

Seperti di Balai RW 2, Balai RW 4, dan Balai RW 6 Kelurahan Balongsari Surabaya.

“Alhamdulillah tiga titik yang sudah kami kunjungi telah sesuai, kami melihat bahwa kegiatan di masing-masing titik ini secara fisik ada dan bermanfaat bagi masyarakat. Semoga semua kegiatan ini membawa manfaat bagi warga di masing-masing RW, mulai dari pemberdayaan ekonomi, meningkatkan kesehatan, lansia menjadi produktif, dan balita yang semakin sehat,” kata Reti.

Reti yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris PKK Provinsi Jawa Timur ini melanjutkan, kegiatan penerapan PHBS dan LBS di Kelurahan Balongsari Surabaya sangat konkrit. 

Sebab, seluruh jajaran Pemkot Surabaya melalui PD terkait terus memberikan pembinaan dan pendampingan. Di antaranya, DKPP, Dinkes, Dinkes, Disperkim, dan DP3APPKB.

“Penerapan PHBS dan LBS yang ada di Kelurahan Balongsari ini benar-benar ada dan bermanfaat untuk masyarakat. Karena masyarakat sangat antusias sekali dalam penerapan PHBS dan LBS. Kita juga memberikan apresiasi kepada jajaran Pemkot Surabaya melalui PD terkait yang sudah melakukan pembinaan dan pendampingan,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar