Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 22 Mei 2023

Usai Bersepeda, Wali Kota Eri Resmikan Taman Asreboyo Ngagel Dilengkapi Wahana Perahu Air


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Surabaya Rini Indriyani meresmikan Taman Asreboyo (Asli Arek Suroboyo) Ngagel, Kecamatan Wonokromo Surabaya, Minggu (20/5).

Dengan luas 853 m2, Taman Asreboyo dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti jogging track, Lapangan Basket 3 on 3, Skatepark, arena bermain anak, hingga Wahana Perahu Air.

Taman Asreboyo Ngagel Surabaya telah dirancang oleh Wali Kota Eri saat masih menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya. 

Dalam kesempatan tersebut, ia bercerita bahwa ingin membangun taman yang bisa menggerakan perekonomian warga sekitar. 

Karenanya, Taman Asreboyo Ngagel juga akan disinergikan dengan perkampungan yang ada di seberang taman, yakni perkampungan di Jalan Darmokali, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo Surabaya. 

Nantinya, perkampungan itu akan dijadikan sebagai salah satu kampung wisata khusus produksi UMKM, serta akan dipasang dermaga untuk menunjang Wisata Perahu Air Ngagel.

“Jadi InsyaAllah Taman Asreboyo (Asli Arek Suroboyo), saya ingin taman ini (menjadi) tempat UMKM yang semuanya berjualan. Di samping untuk olahraga, juga ada makanan khas Surabaya untuk UMKM. Nanti diseberang, dari  kampung Darmokali termasuk dari Kelurahan Darmo, saya siapkan jadi kampung wisata. Saya sudah bilang ke Pak RT/RW dan camat, nanti secara otomatis kita bisa berjalan di sana,” kata Wali Kota Eri, Senin (22/5).

Wali Kota Eri mengungkapkan bahwa Taman Asreboyo Ngaggel Surabaya di harapan bisa menggerakan roda perekonomian Kota Pahlawan. 

Salah satunya, melalui produk UMKM. 

“Nanti ada UMKM, karena saya terus terang ketika membangun sesuatu maka harus bisa menggerakkan ekonomi masyarakat setempat,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, mengenai konsep kampung wisata Jalan Darmokali Surabaya akan difokuskan pada produksi UMKM dengan kategori kuliner. 

“Di Jalan Darmo ada masjid, orang berjualan kita buat UMKM. Makanan-makanan yang disajikan bervariasi, maka akan terlihat ada menu apa saja yang ada di disajikan di taman (Asreboyo). Sehingga pilihannya banyak, orang ke sini menjadi nyaman,” jelasnya.

Dengan demikian, Taman Asreboyo Ngagel diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata keluarga. 

Untuk mendukung hal tersebut, Taman Asreboyo dilengkapi dengan fasilitas olahraga bagi anak dan keluarga, serta ditunjang dengan Wahana Perahu Air.

“Perahu ini sebenarnya untuk menyebrang ke Darmo sekaligus berputar sampai dengan pintu air, sampai jembatan Hujung Galuh lalu kembali lagi. Jadi bisa buat keluarga, ada pilihan untuk jadi tempat olahraga dan berkumpul bersama keluarga untuk menikmati suasana. InsyaAllah kita buat juga pertandingan basket 3 on 3, lombanya disini dan untuk Skateboard juga ada,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro menyampaikan bahwa Taman Asreboyo dibuka mulai pukul 07.00 - 22.00 WIB. 

Melalui pembukaan taman tersebut, diharapkan dapat menggerakan perekonomian warga sekitar melalui UMKM. Serta, menjadi pilihan tempat berolahraga hingga wisata keluarga.

“Wahana Perahu Air akan dikelola oleh Disbudorapar Surabaya. Kita berharap taman ini bisa menjadi jujukan bagi warga Surabaya, karena lampu-lampu di Taman Asreboyo sangat instagramable. Kami juga meminta bantuan Dinkominfo Surabaya untuk melakukan pemasangan CCVT di 3 titik untuk pemantauan keamanan, karena saat ini masih 1 titik yang terpasang,” kata Hebi.

Sebagai diketahui, sebelum meresmikan Taman Asreboyo Ngagel Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi didampingi Ketua Tim PKK Surabaya Rini Indriyani melakukan Gowes Sunmori bersama berbagai komunitas sepeda. 

Mereka berkumpul di Halaman Balai Kota Surabaya pukul 06.00 WIB dan bersepeda 20 KM jauhnya.

0 komentar:

Posting Komentar