Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 20 September 2018

Ketua KPK Yakin Panca Putra Perkuat Tim Penyidikan


KABARPROGRESIF.COM : (Jakarta) Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo optimistis Direktur Penyidikan KPK Kombes (Pol) RZ Panca Putra membersihkan penyidikan ke KPK.

Ia juga yakin Panca mampu memersatukan penyidik ​​dari internal maupun dari kepolisian. Agus tidak mempermasalahkan bisnis penyiaran kembali dipegang anggota kepolisian. Sebelumnya, jabatan direktur penyidikan dipegang oleh Brigjen (Pol) Aris Budiman.

"Kalau kamu lihat sejarah, KPK mulai dari pertama hingga hari ini, Dirdik selalu dari polisi. Kalau lihat sejarahnya ya itu memang harus," kata Agus seusai melantik Panca dan dua pejabat lainnya di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (20/9 / 2018).

"Direktur penuntutan itu selalu dari kejaksaan. Penyelidikan berubah-ubah, bisa polisi, KPK, bisa jaksa. Saya pikir enggak ada sesuatu yang berbeda dari lalu-lanjut," lanjut dia.

Agus mengatakan, terpilihnya Panca melalui kumpulan sel. Ia mengungkapkan, pemilihan calon direktur penyidikan dilakukan sebanyak dua kali.

Pada pilihan pertama, kata Agus, tidak ada calon yang tepat, baik dari Polri, Kejaksaan, dan KPK.

"Tes kedua, ada jaksa, ada Polri ada dari dalam (KPK). Terakhir yang diwawancara ada 3 polisi, 1 jaksa, 1 pegawai KPK. Dari situ dievaluasi lagi dan kami sudah menemukan calon," kata dia.

Kemudian, KPK melakukan pemeriksaan belakang secara internal dan juga melalui Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Panca, lulusan Akpol tahun 1990, merupakan perwira menengah yang menerima amanat untuk pekerjaan sebagai Wadirtipidum Bareskrim Polri pada 3 Februari 2017.

Sebelum di Wadirtipidum Bareskrim Polri, Panca adalah STIK Lemdikpol. Selama di kepolisian, ia pernah menjadi Kapolres Banyumas dan Kapolres Tegal pada tahun 2010.

Pada 2011, dia mendapat amanah sebagai Wadirreskrimsus Polda Jateng. Di tahun berikutnya, pada 2012, dia resmi sebagai Direskrimsus Polda Kalimantan Tengah dan menjadi Dosen Utama STIK Lemdikpol pada 2013. (rio)

0 komentar:

Posting Komentar