Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 27 September 2018

Komandan Kodiklatal Pimpin Peringatan Tahun Baru Islam 1440 H/2018 M


KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Sebagaimana kita ketahui bersama, hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah telah membawa perubahan besar terhadap peradaban umat manusia. Perubahan dari zaman jahiliyah menuju peradaban madaniah di bawah naungan cahaya illahi. Dengan kata lain, Nabi Muhammad SAW telah melakukan perubahan yang sangat fundamental dalam kehidupan manusia, dari kehidupan yang tidak memiliki peradaban ke arah kehidupan yang penuh rahmat, ampunan dan kasih sayang.

Demikian sambutan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam acara peringatan Tahun Baru Islam 1440 H / 2018 M yang diselenggarakan di Masjid Ibadurrahman Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Rabu, (27/9).

Peringatan tahun baru Islam tersebut dihadiri oleh Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ina Darwanto dan pejabat Utama Kodiklatal serta 1.500 prajurit, PNS dan anggota Jalasenaestri Kodiklatal. Selain itu hadir pula Ustadz H. Khozin Mustafid, S.Ag., M.Ag. sekaligus sebagai penceramah.

Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1440 H/2018 M tersebut mengambil tema “Dengan Hikmah Tahun Baru Islam 1440 Hijriah/2018 Masehi, Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah Subhanahu Wata’ala Guna Membentuk Prajurit TNI yang Militan, Loyal dan Profesional.”

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam amanatnya menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1440 H/2018 M semoga peringatan tahun baru Islam yang diselenggarakan secara sederhana ini, tidak hanya bersifat seremonial belaka, namun diharapkan kegiatan seperti ini mempunyai arti penting untuk menanamkan, memantapkan keimanan dan ketakwaan umat Islam Kodiklatal kepada sang pencipta Allah Subhanahu Wata’ala.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pada awal tahun hijriah inilah permulaan fajar Islam mulai menyingsing. Diawali dengan hijrahnya Rasulullah Sholallohu Alaihi Wasallam bersama para sabiqulan awwalun dari kota Mekkah ke kota Madinah. “Itulah tonggak sejarah Islam dan umatnya dicanangkan ke seluruh dunia,” ujarnya.

Teladan yang diberikan oleh Rasulullah SAW kepada kita semua, memberikan inspirasi penting untuk membangun sebuah peradaban baru di masa yang akan datang. Oleh karena kita dapat mengambil pelajaran bagaimana beliau mulai membangun peradaban Islam dari tataran individual menuju tataran sosial yang lebih baik.

Pada tataran individual Rasulullah menegakkan akidah nafsiah yaitu akidah dalam diri setiap insan. Hal ini mengandung makna bahwa segala sesuatu yang kita rencanakan untuk berubah justru harus dimulai dengan melakukan perubahan dari diri sendiri.

Perubahan yang kemudian lebih meluas membangun komitmen bersama ke arah pembentukkan sebuah tatanan kehidupan yang diterapkan pada masyarakat madinah.

Sementara itu Ustadz H. Khozin Mustafid, S.Ag., M.Ag dalam ceramahnya menyampaikan hikmah dari hijrah yaitu suatu perjalanan yang bertujuan untuk merubah dari sesuatu yang kurang baik menjadi yang lebih baik.

Sebagai prajurit TNI AL dengan peringatan tahun baru Islam ini hendaknya meningkatkan kemampuan diri sehingga menjadi prajurit yang militan, loyal dan profesional

Selain itu dengan pelaksanaan tahun hijrah hendaknya meningkatkan ketaqwaan dan memperbaiki amalan, salah satunya ibadah sholat sunah Rhowatib yang sebelumnya telah melaksanakan Wajib, meningkatkan puasa sunah dan meningkatkan sholat tahajut.

Untuk hijrah Ihsan dalam arti meningkatkan nilai manfaat yang positif kepada orang lain dan lingkungan serta memperbaikai kesalahan  yang diperbuat untuk kebajikan selanjutnya. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar