Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 31 Oktober 2021

758 Perwira Muda Diambil Sumpahnya Dalam Upacara Prasetya Perwira Diktukpa LI Dan Diktukpakat TNI AL


KABARPROGRESIF.COM: (Surabaya) Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, SH,MAP,M.Tr (Han) beserta Ibu Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Dewi Iwan Isnurwanto ikut menghadiri Upacara Praspa Diktukpa LI, Diktukpakat dan Wisuda Purna Bakti tahun 2021 yang dilaksanakan di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Jumat, (29/10).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M melantik dan mengambil sumpah 758 perwira muda yang terdiri dari 469 perwira baru lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-51 dan 289 perwira lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktukpakat) TNI AL TA. 2021 dalam upacara militer Prasetya Perwira.

Sebelum mengikuti pendidikan dan pelantikan, ke-758 prajurit ini telah mengikuti proses perjuangan yang berat dan penuh tantangan.

Diawali dengan proses seleksi yang sangat ketat dengan persaingan yang tinggi.

Setelah dinyatakan lulus mereka langsung digembleng di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) di Juanda, Sidoarjo untuk mengikuti pendidikan pembentukan.

Selesai Pendidikan pembentukan, para prajurit masih harus melanjutkan pendidikan kejuruan di pusat pendidikan sesuai dengan korps masing-masing. 

Dalam sambutannya Kasal mengatakan, “ Pengambilan sumpah perwira ini, merupakan prosesi sakral yang melambangkan hubungan vertikal dengan Tuhan Yang Maha Esa, yang harus dipertanggungjawabkan secara moral sesuai agama masing-masing, dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara,” ungkapnya.

“ Saya berharap para Perwira Muda lulusan Diktukpa Angkatan ke-51 terdiri dari 433 orang pria dan 36 orang anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal), sedangkan Perwira lulusan Diktukpakat terdiri dari 261 orang pria dan 29 anggota Kowal ini mampu membawa konsekuensi berupa tuntutan untuk menunjukkan kinerja, meningkatkan profesionalisme serta membangun kepribadian yang luhur, di mana seorang perwira harus senantiasa memegang teguh Kode Etik Perwira TNI yaitu Budi Bhakti Wira Utama, “ pungkas Kasal.

Sebelumnya, para perwira yang berasal dari Bintara reguler ini telah menjalani upacara penutupan pendidikan di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal yang dipimpin Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat. Dalam acara tersebut, selain penyerahan medali Jala Wira Adhiguna yang berarti perwira laut yang perkasa dan berguna, merupakan medali penghargaan bagi siswa lulusan terbaik yang diimpikan dan diperebutkan para siswa Diktukpa dan Diktupakat yang diberikan kepada lulusan terbaik, juga diserahkan ijazah kepada seluruh lulusan oleh Dankodiklatal.

Usai Upacara Praspa, Kasal juga memimpin Upacara Wisuda Purna Bakti untuk melepas para prajurit TNI AL yang memasuki masa pensiun. Tradisi ini merupakan simbolisasi penyerahan tugas dan tanggung jawab kepada para perwira muda TNI AL yang dalam Prosesinya dilaksanakan diatas geladak Mokap KRI Teluk Langsa-501. (Dispen Koarmada II)

0 komentar:

Posting Komentar